Fungsi Strategi Pemasaran, Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah
DOI:
https://doi.org/10.30603/ab.v20i1.4914Kata Kunci:
strategi marketing, kualitas pelayanan, kepercayaan, loyalitas nasabahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi marketing terhadap loyalitas nasabah, menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dan pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas nasabah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nasabah di PT Bank Sulselbar Kantor Pusat Makassar. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria pemilihan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah nasabah pada PT. Bank Sulselbar Makassar. Malhotra 2006 apabila jumlah populasi besar dan tidak diketahui jumlahnya, maka jumlah sampel dihitung dengan 5-10 x Estimate Parameter. Maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah (5.20)= 100 orang. Pada penelitian ini variabel yang diukur dengan menggunakan Skala Likert. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan SPSS dengan cara analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, menguji pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dan pengaruh kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Referensi
Agiesta, W., Sajidin, A., & Perwito, P. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan ka lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(2), 1653–1664.
Akob, R. A., & Sukarno, Z. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BUMN di Makassar. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(2), 269–283.
Ansar, J., Romadhoni, B., & Indrayani, S. (2024). The Influence Of Service Quality, Product Innovation And Promotion On Customer Loyalty On Donat Kampar Galesong District Of Takalar. International Journal of Economic Research and Financial Accounting (IJERFA), 2(3).
Aprileny, I., Rochim, A., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 60–77.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan). Deepublish.
Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(1), 14–28.
Huluk, H., & Santoso, R. P. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bmt Ugt Nusantara Cabang Jombang. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 287–299.
Ilyas, M. R., Dirgantara, I. M. B., & Januardi, N. V. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasipegadaian Digital Dan Kualitas Pelayananterhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Pegadaian (PERSERO) Kantor Wilayah Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(4).
Insani, N. A., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(3), 112–122.
Jumarni, J., & Hardianengsi, N. (2022). Pengaruh Trust Dan Mutu E-Banking Terhadap Loyalitas Bertansaksi Secara Online Pada Bank Sulselbar Syariah Sengkang. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah), 1(2), 97–112.
Kotler, P., Burton, S., Deans, K., Brown, L., & Armstrong, G. (2015). Marketing. Pearson Higher Education AU.
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson Harlow.
Maulida, R. F., & Sari, N. R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Good Coorporate Governance Dan Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 3(1), 29–42.
McDonald, M., & Wilson, H. (2016). Marketing Plans: How to prepare them, how to profit from them. John Wiley & Sons.
Mokhtar, S., & Sjahruddin, H. (2019). An examination of the relationships between customer relationship management quality, service quality, customer satisfaction and customer loyalty: The case of five star hotels. Advances in Social Sciences Research Journal, 6(2).
Mokoagouw, S. E. A. (2018). Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 6(3).
Nawangsari, S., & Widiastuti, R. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank (Studi Kasus Pada PT Bank DKI Depok). Sebatik, 22(2), 51–55.
Octavia, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39.
Panjaitan, D., & Setyorini, R. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 10(1), 53–62.
Prabowo, A. S. A., & Mahfudz, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Kualitas Informasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan CV. Lautan Mas Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(6).
Prahendratno, A., Darmansyah, R., Hamid, N., Junitasari, J., Junaidi, R., Munizu, M., Prasetyo, A., Utami, B., Waty, E., & Thuda, A. (2023). PENGANTAR MANAJEMEN: Konsep dan Praktik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Raza, S. A., Umer, A., Qureshi, M. A., & Dahri, A. S. (2020). Internet banking service quality, e-customer satisfaction and loyalty: the modified e-SERVQUAL model. The TQM Journal, 32(6), 1443–1466.
Salsabilah, F., Saidani, B., & Fidhyallah, N. F. (2022). Pengaruh Kualitas pelayanan, Citra perusahaan, dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan kereta rel listrik. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(2), 479–488.
Sari, R. R., Marnisah, L., & Zamzam, F. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan citra bank terhadap kepuasan nasabah era covid 19 (studi kasus di pt. Bank mandiri kantor cabang palembang). Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPRO), 2(2), 201–210.
Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 61–73.
Suwarni, S., & Aisyah, S. (2019). Hubungan Kepercayaan Nasabah Dan Promosi Dengan Minat Menabung Pada Pt. Bank Bengkulu Kcp Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 7(2).
Tabrani, M., Amin, M., & Nizam, A. (2018). Trust, commitment, customer intimacy and customer loyalty in Islamic banking relationships. International Journal of Bank Marketing, 36(5), 823–848.
Widyawati, S., & Fasa, M. I. (2022). Analisis Strategi Promosi Terhadap Pengembangan Produk Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 355–368.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Susiana Mokhtar, Orfyanny Syahreffy Themba , Rezki Arianty Akob

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.