Analisis Penerapan Blue Ocean Strategy pada PT Sofyan Hotels,Tbk
DOI:
https://doi.org/10.30603/ab.v16i2.1353Kata Kunci:
blue ocean strategy, sharia hotel,hospitality Sofyan HotelsAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesesuaian strategi yang diterapkan oleh Sofyan Hotels dengan konsep blue ocean strategy dan menganalisis keefektifan strategi yang diterapkan oleh Sofyan Hotels. Metode dalam penelitian ini adalah 25 poin yang akan digunakan sebagai indikator dan instrumen dari variabel A yang merupakan strategi dari perusahaan yang diteliti terhadap variabel B yang merupakan ciri-ciri dari Blue Ocean Strategy. Hasil penelitian yang didapat dari membandingkan 25 point ciri-ciri strategi blue ocean dengan strategi perusahaan diperoleh kesesuaian sebanyak 25 poin atau memiliki tingkat kesesuaian sebesar 100% berarti strategi Sofyan Hotels sesuai dengan prinsip strategi blue ocean dan konsep syariah sebagai bentuk dari penerapan blue ocean strategy terbukti efektif dalam persaingan bisnis saat ini. Hotel syariah yang tadinya tidak dilirik oleh pesaing berhasil menciptakan pasar baru bagi Sofyan Hotels yang saat ini telah memiliki 19 hotel dengan 1775 kamar yang tersebar diseluruh Indonesia. Dengan strategi yang diterapkan tersebut, laba Sofyan Hotels tumbuh rata-rata 7,72% per tahun dan berhasil memenangkan World’s Best Family Friendly Hotel pada tahun 2015.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Atika Riasari
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.