Pengaruh Pengaruh kesadaran halal dan sertifikat halal terhadap minat beli produk kentucky fried chicken (KFC)

Penulis

  • Ahmad Hamdani Universitas Syiah Kuala
  • Nurma Sari Universitas Syiah Kuala
  • Khairil Umuri Universitas Syiah Kuala (USK)

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v17i2.2305

Kata Kunci:

Halal awareness, halal certificate, buying interest

Abstrak

Kesadaran halal dan sertifikasi halal mempunyai peran penting untuk menghindari konsumen dari bentuk-bentuk penipuan pada suatu produk. Hal ini berdampak pada minat beli konsumen pada suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran halal dan sertifikat halal terhadap minat pada konsumen KFC di Kota Banda Aceh. Data dikumpulkan dari 100 kuesoner yang disebarkan pada konsumen KFC di Kota Banda Aceh dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis data menggunakan regresi secara parsial dan regresi linear didapatkan hasil yang menggambarkan bahwa kesadaran halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan sertifikat halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Jadi, kesadaran halal dan sertifikat halal secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Produsen makanan diharapkan lebih memperhatikan kehalalan produk yang dijual, karena dapat menambah minat beli konsumen.

 

Referensi

Ahmad, A., & Yahya. (2013). A Study on Halal food Awareness among muslim customers in Klang valley. In: 4th International Conferenceon Businessand Economic Research Proceeding. Bandung.
Aziz, A., & Vui, C. N. (2012). Therole of Halal awareness and Halal certification in influencing non-Muslim’s purchasing intention. Paper presentedat 3rd International Conference on Business and Economic Research (3rd ICBER 2012) Proceeding, 1819-1830.
Durianto, D., & Liana, C. (2004). Analisis efektifitas iklan televisi softener soft & fresh di Jakarta dan sekitarnya menggunakan consumerdecision model. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 11 (1), 0854– 8153.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Pedoman Penelitian untuk Penelitian Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen Edisi kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
https://www. aceh.bps.go.id/ banda aceh dalam angkat 2018. Diakses 1 April 2020.
https://www.population.un.org/wpp/. Diakses pada 2 April 2020.
https://www. tirto.id/saat-islam-menjadi-agama-mayoritas-di-dunia-cmdV. Diakses 2 April 2020.
Izzuddin, A. (2018). Influence halal label, halal consciousness and food materials to interest buy curinary food jember. In Proceeding at 4th Seminar Nasional dan Call for Papers Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 287- 294.
Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, 1. W., Mansyur, A., & Suoriyono. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal dan Sertifikat Halal terhadap Minat Beli Produk Cokelat Cadbury pada Mahasiswa Kampus Institut STIAMI Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 92-97.
LPPOM MUI, 2008. Panduan Umum Sistem Jaminan Halal LPPOM-MUI. Jakarta: MUI
Nofianti, K. A., & Rofiqoh, S. N. I. (2019). Kesadaran dan Logo Halal: Apakah Menentukan Minat Beli? (Studi pada Praktisi Bisnis UMKM di Gresik. Journal of Halal Productand Research, 2 (1), 16-24.
Nurhasanah, S., Munandar, J. M., & Syamsun, M. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 8 (3), 250-260.
Parhan, M., & Ismail, R. M. (2012) Understanding the Level of Halal Awareness among Muslim and Non-Muslim Young Consumers in Malaysia. Proceedings of Symposium on Technology Management and Logistics, 41-50.
Putra, P. A. A. (2017). Kedudukan Sertifikasi Halal dalam System Hukum Nasional Sebagai Upaya Perlindungan Konsumen dalam Hukum Islam. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1 (1), 150-165.
Setianingsih, E. D., & Marwansyah, S. (2019). The Effect of Halal Certification and Awareness trought Interest in Decisions on Buying Halal Food Products. Syi’ar Iqtishadi, 3 (1), 64-79.
Shaari, J. A. N., & Arifin, M. N. S. (2010). Dimension of halal purchase intention: Apreliminary study. International Review of Business Research Papers, 6 (4).
Syahruddin. (2014). Potensi Kemajuan Umat Melalui Produk Halal. http://majalahgontor.net/potensi-kemajuan-umat-melalui-produk-halal/. 27 Agustus 2014; Diunduh 4 Januari 2020.
Syukur, M. & Nimsai, S. (2018). Factors influencing the purchase intention of halal packaged food in Thailand. International Journal Supply Chain Management, 7 (4).
Yeni, F. (2013). Pengaruh Keunggulan Bersaing Differensiasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada KFC Di Kota Padang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2 (4), 1-7.
Yunus, S. N. N. M., Wan, E. W. R., Norafifa, M. A., & Norhidayah, M. R. (2013). Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 145–54.
Yusoff, M. H. (2004). Halal certification scheme. Standard & Quality, 11, 4-5.
Zailani, S., Omar, A., & Kopong, S. (2011). An exploratory study on the factors influencing the non-compliance to Halal among hoteliers in Malaysia. International Business Management, 5(1), 1-12.

Diterbitkan

2021-12-16

Cara Mengutip

Hamdani, A. ., Sari, N. ., & Umuri, K. (2021). Pengaruh Pengaruh kesadaran halal dan sertifikat halal terhadap minat beli produk kentucky fried chicken (KFC). Al-Buhuts, 17(2), 198–212. https://doi.org/10.30603/ab.v17i2.2305

Terbitan

Bagian

Articles