PENGARUH KUALITAS JASA LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KOTA MAKASSAR

Penulis

  • St. Hatidja STIE AMKOP Makassar
  • Lina Mariana Politeknik LP3I Makassar
  • Arsyad Paweroi STIE YPUP Makassar
  • Syarifuddin Syarifuddin STIE AMKOP Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v18i2.3023

Kata Kunci:

kualitas, layanan, kepuasan

Abstrak

Tujuan Penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan yang terdiri dari daya tanggap, jaminan, bukti fisik, empati dan kehandalan terhadap kepuasan konsumen di Makassar dan menganalisis kualitas layanan yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan. Hasil Pembahasan, hasil yang dapat dibahas terkait dengan keberadaan konsumen yang mendapatkan pelayanan dan diperlukan sebagai informasi untuk mengetahui identitas sebagai responden serta obyek penelitian yang memberikan interpretasi terhadap karakteristik responden untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dikota makassar. Berdasarkan perhitungan dengan bantuan program SPSS menggunakan Full Model Regression diperoleh persamaan regresi liner berganda adalah sebagai berikut: Y = -3.518 + 0.448X1 + 0.452X2 + 0.309X3 + 0.255X4 + 0.175X5 Persamaan regresi di atas terdapat nilai  0 atau nilai konstanta sebesar -3.518. Hal ini menunjukkan bahwa jika variabel independent seluruhnya dianggap bernilai 0, maka kepuasan konsumen (Y) adalah sebesar -3.518. Hal ini adalah indikasi dari pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam analisis dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Uji statistik F atau uji signifikansi simultan, pada dasarnya menunjukkan apakah semua variabel bebas yang dimasukkan dalam model mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel dependen Y. Uji F ini dilakukan dengan membandingkan Fhitung dengan nilai Ftabel pada taraf nyata   = 0,05. Uji F mempunyai pengaruh signifikan apabila Fhitung lebih besar dari Ftabel atau probabilitas kesalahan kurang dari 5% (P < 0,05). Hasil perhitungan analisis Full Model Regression dengan bantuan program SPSS. Versi 25 diperoleh Fhitung sebesar 38.583 dengan tingkat probabilitas 0.000 (signifikan). Sedangkan Ftabel sebesar 2.31 dengan demikian maka Fhitung lebih besar dari Ftabel (38.583 > 2.31) dan juga probabilitas jauh lebih kecil dari 0.05, berarti bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima kebenarannya.

Referensi

Steven, 2011. Measure Service Quality: Reexamination and Extension. Journal of Marketing. Vol. 56. July, 55-68. (Diterjemahkan oleh Sutanto).

amuelson, Jeniston, 2010. Application of Quality Service Theory.Published by John Wiley and Sons, USA.

Stemvelt, Robert C., 2014. (Diterjemahkan oleh Purwoko) Perception of Service Quality. Allyn and Bacon, Massachusetts.

Sunyoto, Hamingpraja, 2014. Jaminan Kualitas Pelayanan Konsumen. Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Tirtomulyo, Abadi, 2009. Peningkatan Kepuasan Konsumen dalam Tinjauan Pemasaran Jasa. Penerbit Rajawali Press, Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2014. Kepuasan dalam Pelayanan. Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Marcel, Davidson, 2013. Service Quality in Concept and Theory. Published by American Press, USA.

Rangkuti, Freddy, 2013. Konsep Pengukuran Kepuasan. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Arisutha, Damartaji, 2015. Dimensi Kualitas Pelayanan. Penerbit Gramedia Pustaka, Jakarta. Barata, Atep. D., 2001. Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo, Jakarta. Dekker,

Steven, 2011. Measure Service Quality: Reexamination and Extension. Journal of Marketing. Vol. 56. July, 55-68. (Diterjemahkan oleh Sutanto).

Engel, James, 1990. (Diterjemahkan oleh Purwoko) Satisfaction; A Behavioral Perspective On The Consumer. Mc-Graw Hill Companies Inc., USA. Gaspersz, Vincent, 2013. Manajemen Bisnis Total - Total Quality Management. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Parasuraman,

A. Valerie, 2011. (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. The Free Press, New York.

B. Peter J.H., 2013. Service Management in Managing The Image. Trisakti University, Jakarta. Purwoko,

Bambang, A., 20. Asocial Security Highlight in Indonesia: An Economic Perspective. Komunika Jaya Pratama, Jakarta. Stemvelt,

Robert C. 2014. (Diterjemahkan oleh Purwoko) Perception of Service Quality. Allyn and Bacon, Massachusetts.

Sunyoto, Hamingpraja, 2014. Jaminan Kualitas Pelayanan Konsumen. Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Diterbitkan

2022-12-15

Cara Mengutip

St. Hatidja, Lina Mariana, Paweroi, A., & Syarifuddin, S. (2022). PENGARUH KUALITAS JASA LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KOTA MAKASSAR. Al-Buhuts, 18(2), 609–620. https://doi.org/10.30603/ab.v18i2.3023

Terbitan

Bagian

Articles