DETERMINAN PENINGKATAN KINERJA BISNIS : MODEL KONTINJENSI AKUNTANSI MANAJEMEN STRATEGIK

Penulis

  • Nurhidayah Nurhidayah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ismail Badollahi Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v18i2.3069

Kata Kunci:

business performance, contingencies, strategic management accounting

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji determinan yang dapat meningkatkan kinerja bisnis. Secara teoritis, karakteristik manajer dan kompetisi merupakan determinan yang memiliki dampak efektif dalam meningkatkan kinerja bisnis khususnya pada entitas UMKM, namun dalam pelaksanaannya determinan tersebut tidak dapat bekerja tanpa faktor kondisional untuk mendukung peningkatan kinerja bisnis. Pendekatan kontinjensi merupakan sudut pandang akuntansi manajemen strategik yang memiliki kesesuaian dalam menjelaskan bagaimana setiap determinan kinerja bisnis dapat bekerja secara efektif. Penelitian merupakan explanatory research yang mengguanakan pendekatan survey utuk menguji sebuah model penelitian. Sampel penelitian merupakan pelaku UMKM yang terdapat di Kabupaten Gowa dengan kriteria yang memenuhi syarat untuk menjawab instrument survey. Hasil penelitian menemukan bahwa akuntansi manajemen strategik berpengaruh secara langsung terhadap kinerja bisnis. Selain itu, kompetisi berpengaruh terhadap kinerja bisnis melalui akuntansi manajemen strategi. Namun, karakteristik manajer tidak berpengaruh terhadap kinerja bisnis melalui akuntansi manajemen strategik. Hal ini dapat dijadikan motivasi bagi pelaku bisnis agar terus melakukan pengembangan diri dengan cara pelatihan bisnis, terus menambah wawasan dan pengalaman serta terus melakukan inovasi pengembangan produk, dengan cara ini maka diharapkan dapat meningkatkan kinerja bisnis.

Kata kunci : kinerja bisnis, kontinjensi, akuntansi manajemen strategik

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Cadez, S., & Guilding, C. (2008). An exploratory investigation of an integrated contingency model of strategic management accounting. Accounting, Organizations and Society, 33(7–8), 836–863. https://doi.org/10.1016/j.aos.2008.01.003

Chenhall, R. H. (2007). The contingent design of performance measures. Contemporary Issues in Management Accounting, 28, 127–168. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199283361.003.0005

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Dang, L. A., Le, T. M. H., Le, T. H., & Pham, T. B. T. (2021). The effect of strategic management accounting on business performance of sugar enterprises in vietnam. Accounting, 7(5), 1085–1094. https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.2.031

Ghasemi, R., Mohamad, N. A., Karami, M., Bajuri, N. H., & Asgharizade, E. (2016). The mediating effect of management accounting system on the relationship between competition and managerial performance. International Journal of Accounting and Information Management, 24(3), 272–295. https://doi.org/10.1108/IJAIM-05-2015-0030

Hadid, W., & Al-Sayed, M. (2021). Management accountants and strategic management accounting: The role of organizational culture and information systems. Management Accounting Research, 50(November 2020), 100725. https://doi.org/10.1016/j.mar.2020.100725

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review.

Handojono, M., Cornelis, V., & Ambon, P. N. (2021). Pengujian Model Kontijensi Akuntansi Manajemen Stratejik terhadap Kinerja UKM di Maluku. 12(2).

Hoque, Z. (2011). The relations among competition, delegation, management accounting systems change and performance: A path model. Advances in Accounting, 27(2), 266–277. https://doi.org/10.1016/j.adiac.2011.05.006

Kalkhouran, A. A. N., Rasid, S. Z. A., Sofian, S., & Nedaei, B. H. N. (2015). A Conceptual Framework for Assessing the Use of Strategic Management Accounting in Small and Medium Enterprises. Global Business and Organizational Excellence, 35(1), 45–54. https://doi.org/10.1002/joe.21644

Md. Auzair, S., Amiruddin, R., Majid, A. A., & Maelah, R. (2013). Linking business strategy to management accounting: A study in Malaysian service organizations. Jurnal Pengurusan, 37(July 2016), 45–52. https://doi.org/10.17576/pengurusan-2013-37-05

Otley, D. (2016). The contingency theory of management accounting and control: 1980-2014. Management Accounting Research, 31, 45–62. https://doi.org/10.1016/j.mar.2016.02.001

Otley, D. T. (1980). The contingency theory of management accounting: achievement and prognosis. In Readings in accounting for management control (pp. 83–106). Springer.

Prajogo, D. I. (2016). The strategic fit between innovation strategies and business environment in delivering business performance. International Journal of Production Economics, 171, 241–249.

Rekarti, E., & Doktoralina, C. M. (2017). Improving Business Performance: A Proposed Model for SMEs. European Research Studies Journal, 20(3), 613–623. https://doi.org/10.35808/ersj/732

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business.

Walker, K., Fleischman, G., & Johnson, E. (2012). Measuring Management Accounting Service Quality. Management Accounting…, 13(3), 15–28. http://www.questia.com/library/journal/1G1-298614232/measuring-management-accounting-service-quality

Diterbitkan

2022-12-15

Cara Mengutip

Nurhidayah, N., & Badollahi, I. . (2022). DETERMINAN PENINGKATAN KINERJA BISNIS : MODEL KONTINJENSI AKUNTANSI MANAJEMEN STRATEGIK. Al-Buhuts, 18(2), 338–348. https://doi.org/10.30603/ab.v18i2.3069

Terbitan

Bagian

Articles