Fenomena Ekonomi Indonesia Dimasa Pemilihan Umum Calon Presiden Tahun 2024

Penulis

  • Deanita Sari Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Laila Surayya Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v20i1.4918

Kata Kunci:

Economy, 2024 General Election, Presidential Candidates

Abstrak

Penyelenggaran Pemilihan Umum Calon Presiden dianalisis akan meningkatkan Produk Domestik Bruto Indonesia, pemilu bukan hanya berpengaruh terhadap aspek tekhnikal tetapi juga aspek fundamental. Proses pemilu 2024 akan menjadi momentum krusial yang mampu mempengaruhi keadaan ekonomi Indonesia. Berdasarkan permasalahan diatas maka penulis akan meneliti fenomena ekonomi Indonesia dimasa Pemilihan Umum Calon Presiden tahun 2024. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan melihat data statistik yang diupload dihalaman web (www.bps.go.id)

Berdasarkan hasil penelitian fenomena ekonomi indonesia dimasa pemilihan umum calon presiden tahun 2024 khususnya dibidang Neraca Ekonomi, biaya Tenaga Kerja, Pertambangan manufaktur dan konstruksi, parwisata dan Perbankan, asuransi dan finansial mengalami kenaikan ekonomi. Sedangan bidang Harga-harga khususnya Indeks harga produsen mengalima penurunan namun adanya kenaikan indeks harga perdagangan nasional dan kenaikan inflasi yang menyebabkan pelemahan ekonomi, pelemahan ekonomi juga dirasakan pada bidang transportasi dan perdagangan internasioanl dan neraca pembayaran.

 

Kata Kunci: Ekonomi, Masa Pemilihan Umum 2024, Calon Presiden

Referensi

Anonim. (2023). Ekonomi Indonesia Tumbuh Tinggi Pada Triwulan Ii 2023no Title. https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_2521523.aspx

Badan Pusat Statistik. (2024, Juni 06). Badan Pusat Statistik. From https://www.bps.go.id/id

Booth, James and Lena Booth. 2003. Is presidential cycle in security returns merely a reflection of business conditions? Review of Financial Economics (12): 131-159.

D. Hanan, “Memperkuat Presidensialisme Multipartai di Indonesia: Pemilu Serentak, Sistem Pemilu dan Sistem Kepartaian,” Jurnal Universitas Paramadina, 2016.

D. Wijaya, “PENGARUH PEMILU SERENTAK TERHADAP PENGUATAN SISTEM PRESIDENSIAL DI INDONESIA,” INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia dan Global, vol. 2, no. 2, 2021, doi: 10.24853/independen.2.2.17-28.

“Fitri Chusna Farisa. KPU Sebut Partisipasi Pemilih pada Pemilu 2019 Capai 81 Persen, https://nasional.kompas.com/read/2019/05/27/16415251/kpu-sebut-partisipasipemilih-pada-pemilu-2019-capai-81-persen

J, M. (1993). The Institutional and Political Factors that Influence Voter. Public Choice , 77(03), 657-667.

Junaedi, D., Supriyatna, R. K., Arsyad, M. R., Salistia, F., Hadi, S., & Husenudin, A. (2023). Dampak Deklarasi Capres-CaWapres terhadap Dinamika Pasar Modal di Indonesia. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6).

Kadek Ria Kusumayanti dan Anak Agung Gede Suarjaya, Reaksi Pasar Modal Indonesia Terhadap Pengumuman Kemenangan Donald Trump Dalam Pilpres Amerika Serikat 2016, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 4, 2018: 1713-1741.

MAHKAMAH KONSTITUSI REPUBLIK INDONESIA. (2024). MAHKAMAH KONSTITUSI REPUBLIK INDONESIA. From https://mkri.id/index.php?page=web.Berita&id=20183&menu=2

Media Keuangan. (2024, 06 07). Meida Keuangan. From https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/pemilu-serentak-berpotensi-genjot-perekonomian-indonesia-2024: 06

Miranda, A., & Azis, A. C. K. (2020). Analisis Media Poster Capres Prabowo Sandi Dalam Kampanye Pilpres Tahun 2019. MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(2), 55–57. https://doi.org/10.32664/mavis.v2i2.470

Nurdiansyarani, R. E. (2024, JUNI). Universitas Airlangga. From https://unair.ac.id/pengaruh-pemilu-2024-terhadap-harapan-ekonomi-dan-tantangan-ketidakpastian/.

Nurhaeni, N. (2009). Dampak Pemilihan Umum Legislatif Indonesia Tahun 2009 Terhadap Abnormal Return Dan Aktivitas Volume Perdagangan Saham Di Bei (Uji Kasus Pada Saham Yang Terdaftar Dalam Kelompok Perusahaan LQ 45). Universitas Diponegoro

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Samsul, M. (2006). Pasar Modal dan Manajemen Poetofolio. Jakarta: Erlangga.

Sari, D. (Mei 2020). FENOMENA EKONOMI DAN PERDAGANGAN INDONESIA DIMASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE-19 (COVID-19). AKTIVA Jurnal Akuntansi dan Investasi Vol 4 No 1 , 81-93.

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum

Wahyuni, D. (2019). DAMPAK PILPRES TERHADAP GEJOLAK EKONOMI : EFEK PERBEDAAN 3 PEMILU MASA CAPRES TERHADAP VOLATILITAS IHSG. JURNAL HUKUM DAN EKONOMI SYARIAH , 309-324.

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240119154514-532-1051816/survei-bloomberg-ke-17-ekonom-anies-unggul-dari-prabowo-dan-ganjar

https://market.bisnis.com/read/20231117/7/1715331/adu-visi-Capres-prabowo-ganjar-dan-anies-kembangkan-pasar-modal-ri

https://www.kompas.id/baca/opini/2023/11/07/visi-misi-Capres-dan-mimpi-indonesia-maju-2045

https://feb.ugm.ac.id/id/berita/4479-dampak-pemilu-terhadap-perekonomian-masih-cenderung-terbatas

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Sari, D., & Laila Surayya. (2024). Fenomena Ekonomi Indonesia Dimasa Pemilihan Umum Calon Presiden Tahun 2024 . Al-Buhuts, 20(1), 665–679. https://doi.org/10.30603/ab.v20i1.4918

Terbitan

Bagian

Articles