Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Layanan PLN Mobile

Penulis

  • Rezki Nasrul Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
  • Syamsul Ridjal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
  • Dharmawaty Djaharuddin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
  • Yana Fajriah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
  • Rezki Arianty Akob Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v21i1.6229

Kata Kunci:

Marketing Mix, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung variabel bauran pemasaran dan pengaruh langsung kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dan pengaruh tidak langsung variabel bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada PT. PLN (Persero) UP3 Makassar Utara. Populasi dalam penelitian ini yaitu 172,313 orang pelanggan. Hasil kusioner tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan skema model PLS dan evaluasi model, juga telah diuji evaluasi inner model dengan uji koefisien determinan, uji kebaikan model dan uji hipotesis baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil olah data ini menggunakan SmartPLS versi 4. Hasil penelitian secara langsung menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kemudian variabel kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan Hasil penelitian secara tidak langsung menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.

Referensi

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Aprileny, I., Rizki, D. K., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pelanggan Make Over Cosmetics di Mall Metropolitan Bekasi ). Jurnal STEI Ekonomi (JEMI), 31(01), 37–51.

Apriliani, D., S, N. B., Febila, R., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh kepuasan pelanggan , brand image , dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada membercard. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 20–30.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Nasrul, R., Syamsul Ridjal, Dharmawaty Djaharuddin, Yana Fajriah, & Rezki Arianty Akob. (2025). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Layanan PLN Mobile. Al-Buhuts, 21(1), 360–370. https://doi.org/10.30603/ab.v21i1.6229

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.