Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Layanan PLN Mobile
DOI:
https://doi.org/10.30603/ab.v21i1.6229Kata Kunci:
Marketing Mix, Customer Satisfaction, Customer LoyaltyAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung variabel bauran pemasaran dan pengaruh langsung kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dan pengaruh tidak langsung variabel bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada PT. PLN (Persero) UP3 Makassar Utara. Populasi dalam penelitian ini yaitu 172,313 orang pelanggan. Hasil kusioner tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan skema model PLS dan evaluasi model, juga telah diuji evaluasi inner model dengan uji koefisien determinan, uji kebaikan model dan uji hipotesis baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil olah data ini menggunakan SmartPLS versi 4. Hasil penelitian secara langsung menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kemudian variabel kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan Hasil penelitian secara tidak langsung menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.
Referensi
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Aprileny, I., Rizki, D. K., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pelanggan Make Over Cosmetics di Mall Metropolitan Bekasi ). Jurnal STEI Ekonomi (JEMI), 31(01), 37–51.
Apriliani, D., S, N. B., Febila, R., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh kepuasan pelanggan , brand image , dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada membercard. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 20–30.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rezki Nasrul, Syamsul Ridjal, Dharmawaty Djaharuddin, Yana Fajriah, Rezki Arianty Akob

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












