Pengaruh Lifestyle dan Green Knowledge Terhadap Green Purchase Behavior yang Dimediasi Good Purchase Intention
DOI:
https://doi.org/10.30603/ab.v21i1.6308Kata Kunci:
Lifestyle, Knowledge, Green purchase behavior, Good purchase intentionAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Gaya Hidup dan Pengetahuan Hijau terhadap Perilaku Pembelian Hijau dengan Niat Pembelian Hijau sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dimotivasi oleh meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan dan pentingnya memahami faktor-faktor yang mendorong perilaku pembelian ramah lingkungan. Pendekatan kuantitatif digunakan, dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) sebagai teknik analisis. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dengan pengalaman dalam pembelian produk ramah lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup tidak memiliki efek langsung pada perilaku pembelian hijau tetapi memiliki efek positif pada niat pembelian hijau. Pengetahuan hijau memiliki efek positif pada perilaku pembelian hijau tetapi tidak memengaruhi niat pembelian hijau. Lebih lanjut, niat pembelian hijau ditemukan memediasi hubungan antara gaya hidup dan perilaku pembelian hijau secara signifikan, tetapi bukan hubungan antara pengetahuan hijau dan perilaku pembelian hijau. Temuan ini memperkuat pentingnya membangun niat pembelian ramah lingkungan melalui gaya hidup konsumen untuk meningkatkan perilaku pembelian hijau.
Referensi
Amoako, G. K., Dzogbenuku, R. K., & Abubakari, A. (2020). Do green knowledge and attitude influence the youth’s green purchasing? Theory of planned behavior. International Journal of Productivity and Performance Management, 69(8), 1609–1626. https://doi.org/10.1108/IJPPM-12-2019-0595
Astarini, D., Pratomo, L. A., Anindit, M., Amaliah, A. Z., & Anggraeni, D. (2023). Pengaruh green marketing terhadap purchase intention: Peran mediasi green brand image dan green brand trust. Media Riset Bisnis & Manajemen, 23(2), 67–80.
Brunsø, K., Scholderer, J., & Grunert, K. G. (2004). Closing the gap between values and behavior – A means-end theory of lifestyle. Journal of Business Research, 57(6), 665–670. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(02)00310-7
Chang, H. H., & Chen, S. W. (2008). The impact of online store environment cues on purchase intention: Trust and perceived risk as a mediator. Online Information Review, 32(6), 818–841.
Chen, K., & Deng, T. (2016). Research on the green purchase intentions from the perspective of product knowledge. Sustainability, 8(9), 943. https://doi.org/10.3390/su8090943
Chen, K. K. (2014). Assessing the effects of customer innovativeness, environmental value and ecological lifestyles on residential solar power systems install intention. Energy Policy, 67, 951–961. https://doi.org/10.1016/j.enpol.2013.12.005
Fahlepi, M. R., & Widodo, T. (2022). Pengaruh green marketing terhadap green buying behavior pada produk Innisfree dengan environmental knowledge dan green consumption sebagai variabel mediasi. eProceedings of Management, 9(5).
Ferdinand, A. (2006). Metode penelitian manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Fitriani, A. (2022). Pengaruh green product knowledge dan green perceived risk terhadap minat beli yang dimediasi oleh green trust (Studi kasus pada air mineral galon Le Minerale) (Bachelor's thesis).
Fraj, E., & Martinez, E. (2006). Environmental values and lifestyles as determining factors of ecological consumer behaviour: An empirical analysis. Journal of Consumer Marketing, 23(3), 133–144. https://doi.org/10.1108/07363760610663295
Goh, Y. N., & Wahid, N. A. (2015). A review on green purchase behaviour trend of Malaysian consumers. Asian Social Science, 11(2), 103–110. https://doi.org/10.5539/ass.v11n2p103
Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128
Kurniawan, F. L. (2024). Pengaruh eco-label dan green packaging terhadap green purchase intention dimediasi oleh environmental attitude (Studi pada coffee shop di Jakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Mataracı, P., & Kurtuluş, S. (2020). Sustainable marketing: The effects of environmental consciousness, lifestyle and involvement degree on environmentally friendly purchasing behavior. Journal of Global Scholars of Marketing Science, 30(3), 304–318. https://doi.org/10.1080/21639159.2020.1766988
Mohd Suki, N. (2016). Green product purchase intention: Impact of green brands, attitude, and knowledge. British Food Journal, 118(12), 2893–2910. https://doi.org/10.1108/BFJ-06-2016-0295
Musyaffi, A. M., Khairunnisa, H., & Respati, D. K. (2021). Konsep dasar structural equation model-partial least square (SEM-PLS). Pascal Books.
Qing, P., Lobo, A., & Chongguang, L. (2012). The impact of lifestyle and ethnocentrism on consumers’ purchase intentions of fresh fruit in China. Journal of Consumer Marketing, 29(1), 43–51. https://doi.org/10.1108/07363761211193037
Sharma, A., & Joshi, S. (2017). Green consumerism: Overview and further research directions. International Journal of Process Management and Benchmarking, 7(2), 206–223. https://doi.org/10.1504/IJPMB.2017.083106
Sugiyono. (2016). Definisi dan operasional variabel penelitian. In Definisi dan operasional variabel penelitian (pp. 41–70). Alfabeta.
Sukeni, K., Anynussyawiny, & Anggul, G. (2023). Peran generasi Z dalam mendukung keberlanjutan tujuan pengembangan melalui pengembangan ekonomi hijau menuju Indonesia emas 2045. (pp. 156–163).
Suryantary, N. B. M. (2024). Pengaruh social media marketing, green perceived value terhadap green purchase intention melalui green brand equity (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Tafiana, A. K., & Tantra, T. (2023). Pengaruh environmental awareness terhadap green purchase intentions yang dimediasi oleh green beauty product knowledge dan environmental concerns pada green beauty product Garnier. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2), 147–160.
Wahyuningtias, L., & Artanti, Y. (2020). Pengaruh green brand positioning dan green brand knowledge terhadap green purchase intention melalui sikap pada green brand sebagai variabel mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 320.
Wang, L., Wong, P. P. W., & Narayanan Alagas, E. (2020). Antecedents of green purchase behaviour: An examination of altruism and environmental knowledge. International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, 14(1), 63–82. https://doi.org/10.1108/IJCTHR-02-2019-0034
Wulandari, A. S. A., Rahyuda, I. K., & Yasa, N. N. K. (2015). The role of attitude in mediating consumer knowledge influence towards the purchase intention of green product. Jurnal Dinamika Manajemen, 6(2), 133–144. https://doi.org/10.15294/jdm.v6i2.4302
Zhang, G., Wang, L., & Meng, H. (2023). Environmental knowledge level and consumer behavior regarding green fashion: A moderated mediation model. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/APJML-07-2023-0637
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Laela Laela, Yolanda Mohungo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.