KONSEP ANAK MENURUT M. QURAISH SHIHAB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN

Authors

  • Fathan Boulu

Keywords:

anak, Quraish Shihab, pendidikan

Abstract

Secara teoretis kata “anak” mempunyai dua pengertian, pertama: anak dalam pengertian biologis, yaitu kedudukan sebagai anak yang disebabkan oleh faktor kelahiran, nasab, atau keturunan, dan kedua: anak ideologis, yaitu kedudukan sebagai anak yang disebabkan oleh ikatan-ikatan nilai, seperti nilai kemanusiaan, kepatuhan, ikatan batiniah dan kesamaan pandangan. Menurut pandangan M. Quraish Shihab, term anak dalam al-Qur’ân yang merujuk pada kedua pengertian di atas tercakup dalam beberapa istilah, yaitu: aulâd, al-banûn, aż-żurriyyah, ťifl, śabiy, dan ģulâm. Istilah-istilah tersebut tidaklah berimplikasi pada perbedaan-perbedaan normatif yang mengarah pada perbedaan sikap dan cara pandang orangtua, guru dan masyarakat terhadap anak dalam kaitannya dengan pendidikan, melainkan sebatas pada implikasi konseptual. Shihab menegaskan bahwa setiap kata dalam al-Qur’ân yang mengandung arti anak, menggambarkan suatu keadaan yang khusus menurut konteksnya.

Downloads

Published

2019-03-06

How to Cite

Boulu, F. (2019). KONSEP ANAK MENURUT M. QURAISH SHIHAB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 1(1), 54–65. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/aj/article/view/664