Implementasi Model Pembelajaran Tematik Scientific dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik

Penulis

  • Rusni Walangadi

DOI:

https://doi.org/10.30603/jiaj.v4i2.1123

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Tematik Scientific, Minat Belajar, Peserta Didik

Abstrak

Tulisan ini bertujuan mengungkap sisi lain dari penerapan model pembelajaran tematik scientific dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SDN 2 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Metode yang dipergunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik, sehingga menghasilkan pembelajaran tematik dengan: (a) berpusat pada peserta didik, (b) memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik, (c) pemisahan antar mata pelajaran tidak nampak, (d) menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran., (e) bersifat luwes (fleksibel), (f) hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik.

Faktor menghambat penerapan model pembelajaran tematik dalam pendekatan scientific adalah terlalu padatnya materi yang ada dalam setiap tema, sehingga waktu yang sudah ditetapkan dirasa kurang cukup oleh guru. Upaya yang dilakukan guru adalah dengan melaksanakan tambahan jam belajar diluar jam belajar sekolah, serta meminta kelonggaran waktu pada guru mata pelajaran agama, dan olahraga.

Diterbitkan

2019-12-23

Cara Mengutip

Walangadi, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Tematik Scientific dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 4(2), 283–312. https://doi.org/10.30603/jiaj.v4i2.1123