Standar Penilaian Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Tapa

Penulis

  • Sitti Masturiwaty Huntojungo

DOI:

https://doi.org/10.30603/jiaj.v5i1.1298

Kata Kunci:

Assessment, pedagogic competence, teacher performance

Abstrak

Kompetensi pedagogik guru mempunyai peranan penting dalam kualitas pembelajaran. Setiap guru harus mampu menguasai indikator-indikator yang ada dalam kompetensi pedagogik, demi tercapai kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pelaksanaan standar penilaian kompetensi pedagogik guru dan dampaknya terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Tapa. Metode Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif.

Penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan standar penilaian kompetensi pedagogik untuk guru Pendidikan Agama Islam belum dijalankan sesuai dengan indikator yang ada. Ditemukan ketidaksesuaian antara hasil pengamatan belajar dan nilai pada setiap indikator yang diperoleh. Seharusnya setiap nilai dari setiap indikator pembelajaran merupakan implementasi dari setiap indikator pembelajaran. 2) terjadi tumpang tindih pada setiap indikator yang ada pada aspek kompetensi pedagogik yang lain, seharunya antar indikator pada setiap setiap aspek memiliki keterkaitan. 3) setiap indikator pada kompetensi pedagogik belum terlaksana secara maksimal. 4) dampak dari pelaksanaan standar penilaian kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam menimbulkan pengaruh positif dan negatif baik bagi guru, peserta didik dan sekolah.

Diterbitkan

2020-06-06

Cara Mengutip

Huntojungo, S. M. (2020). Standar Penilaian Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Tapa. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 5(1), 23–46. https://doi.org/10.30603/jiaj.v5i1.1298