Evaluasi Sistem Pendidikan Multikultural dalam Pengembangan Diri Peserta Didik di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo

Penulis

  • Manti S Bempa
  • Asiah T Pido IAIN Sulltan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/jiaj.v5i1.1300

Kata Kunci:

Evaluasi, Pendidikan Multikultural, Pengembangan Diri

Abstrak

Pendidikan multikultural menawarkan satu alternatif melalui penerapan strategis dan konsep pendidikan yang berbasis pada pemanfaatan keragaman dalam kehidupan masyarakat, khususnya yang ada pada peserta didik, seperti keragaman etnis, budaya, bahasa, agama dan ras. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah evaluasi sistem  Pendidikan Multikultural dalam pengembangan diri peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik observasi dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah evaluasi sistem pendidikan multikultural dalam pengembangan diri peserta didik dengan menggunakan pendekatan model evaluasi Countenance Stake : 1) Langkah awal memusatkan pada gejala atau fenomena yang dievaluasi sesuai K’13 Revisi 2017; 2) Mengumpulkan informasi yang didasarkan pada karakterisitik kompetensi dasar pada KI-1 dan KI-2; 3)  Memasukkan data deskripsi pada framework matrik dalam hal ini menggunakan format penilaian; 4) Processing analisis data pada framework matrik menggunakan standar penilaian; dan 5) Membuat laporan hasil analisis.

Diterbitkan

2020-06-06

Cara Mengutip

Bempa, M. S., & Pido, A. T. (2020). Evaluasi Sistem Pendidikan Multikultural dalam Pengembangan Diri Peserta Didik di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 5(1), 77–98. https://doi.org/10.30603/jiaj.v5i1.1300