Strategi Pengawas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Tata Kelola Kelas di Sekolah Dasar Negeri

Penulis

  • Khadijah Towali
  • Said Subhan Posangi

DOI:

https://doi.org/10.30603/jiaj.v5i1.1345

Kata Kunci:

Strategi Pengawas, Guru PAI, Tata Kelola Kelas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan  pengawasan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan tata kelola kelas Sekolah Dasar se-Kecamatan Marisa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi kepengawasan yang dilakukan oleh semua pengawas adalah merencanakan dan menyiapkan perangkat kepengawasannya sebelum melakukan supervisi. Perangkat kepengawasan tersebut terhimpun dalam program tahunan, semester dan bulanan 2) Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam supervisi, diperlukan suatu pendekatan yang tepat. Pendekatan dalam supervisi disebut teknik, baik yang bersifat individual maupun kelompok yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. 3) Mengatasi hambatan dengan kerjasama antara pengawas dengan kepala sekolah adalah memberi contoh atau suri tauladan yang baik dari kepala sekolah maupun guru senior yang ditunjuk sebagai supervisor, serta melakukan pembinaan atau perbaikan secara menyeluruh terhadap kemampuan profesional guru dengan memperhatikan ketepatan teknik supervisi dan prinsip-prinsip supervisi yang diterapkan.

Diterbitkan

2020-06-06

Cara Mengutip

Towali, K., & Posangi, S. S. (2020). Strategi Pengawas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Tata Kelola Kelas di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 5(1), 99–120. https://doi.org/10.30603/jiaj.v5i1.1345