EFEKTIFITAS PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI (SIMASTER) DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Di Fakultas Tarbiyah IDIA Prenduan)

Penulis

  • Ardiyanti Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan
  • Afifah Tidjani Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan

DOI:

https://doi.org/10.30603/jiaj.v6i2.2090

Kata Kunci:

Kata Kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran efektif, Sistem Informasi Terintegrasi (SIMASTER).

Abstrak

Situasi pandemi Covid-19 telah mendesak perubahan design proses pembelajaran yang semula berlangsung melalui tatap muka, seperti pada umumnya, menjadi pembelajaran jarak jauh. Dalam kondisi tersebut, mahasiswi dituntut untuk berusaha lebih maksimal dalam pemahaman materi melalui diskusi secara online. Pembelajaran secara online juga diterapkan di IDIA Prenduan dengan menggunakan Sistem Informasi Terintegrasi (SIMASTER). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana SIMASTER tersebut efektif dalam proses pembelajaran jarak jauh, khususnya di Fakultas Tarbiyah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa penggunaan Sistem Informasi Terintegrasi (SIMASTER) dalam Pembelajaran Jarak Jauh sudah efektif  karena pembelajaran tetap berlangsung walaupun dalam keadaan pandemi. Meskipun penggunaannya masih butuh dukungan aplikasi lain.

Referensi

Andi Muhammad Lutfi. MEDIA DARING (ONLINE) SOLUSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH. IAIN Parepare Nusantara Press, 2020.

Andi Prastowo. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana, 2019.

Anita Yus. Pembelajaran Di Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2020.

Arbangi, dkk. Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2016.

Bag. Akademik IDIA. “Wawancara Mengenai Efektifitas Penggunaan SIMASTER Dalam PJJ Di IDIA Prenduan,” 1 March 2021.

Dekan Fakultas Tarbiyah. “Wanancara Mengenai Efektifitas Penggunaan SIMASTER Dalam PJJ Di IDIA Prenduan,” 23 January 2021.

“Wawancara Mengenai Efektifitas Penggunaan SIMASTER Dalam PJJ Di IDIA Prenduan,” 23 January 2021.

John M. Echois. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia, 1995.

Kadir, dkk. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika II (SNPMAT II). Kendari, 2019.

Kaprodi PAI. “Wanancara Mengenai Efektifitas Penggunaan SIMASTER Dalam PJJ Di IDIA Prenduan,” 27 January 2021.

“Wawancara Mengenai Efektifitas Penggunaan SIMASTER Dalam PJJ Di IDIA Prenduan,” 27 January 2021.

Kaprodi PBA. “Wanancara Mengenai Efektifitas Penggunaan SIMASTER Dalam PJJ Di IDIA Prenduan,” 28 January 2021.

Lidia Susanti. Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi, 2020.

Mahasiswi PAI semester II. “Wawancara Mengenai Efektifitas Penggunaan SIMASTER Dalam PJJ Di IDIA Prenduan,” 22 January 2021.

Mahasiswi PBA semester IV. “Wawancara Mengenai Efektifitas Penggunaan SIMASTER Dalam PJJ Di IDIA Prenduan,” 26 January 2021.

Masduki Khamdan Muchamad, dkk. Kampus Merdeka Seri 1 : Menilik Kesiapan Teknologi Dalam Sistem Kampus. Aceh: Syiah Kuala University, 2020.

Meda Yuliani. Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori Dan Penerapan. Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Muhammad Sayuti. Membaca Indonesia: Esai-Esai Tentang Negara, Pemerintah, Rakyat, Dan Tanah Airnya. Gresik Jawa Timur: Care Media Comunication, 2020.

Pinton Setya Mustafa,. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. Malang, 2020.

Priya Santosa. Mahir Praktikum Biologi, Penggunaan Alat-Alat Sederhana Dan Murah Untuk Percobaab Biologi. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2018.

Sadikin, Ali, dan Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.” vol.06, no. 02 (2020): 11.

Shen Shadiqien. “Efektivitas Komunikasi Virtual Pembelajaran Daring Dalam Masa PSBB (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Produktif Siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin.” Mutakallimin; Jurnal Ilmu Komunikasi, vol.Vol 3 No 1 (2020).

Umar. Pengantar Profesi Keguruan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, Depok, 2019.

Yusuf Bilfaqih. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: deepublish, 2015.

“Fakultas Dakwah IDIA Sosialisasikan Pemanfaatan Simaster kepada Mahasiswa | INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN,” n.d. Diakses 2 March 2021. http://idia.ac.id/2020/07/05/fakultas-dakwah-idia-sosialisasikan-pemanfaatan-simaster-kepada-mahasiswa/.

Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Pustaka Gama Surabaya, 2015.

“Permendikbud No 24 Thn 2012::Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Pada Perguruan Tinggi::BN 433-2012.” Diakses 2 March 2021. https://ngada.org/bn433-2012.htm.

“PJJ Di Simaster | INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN.” Diakses 2 March 2021. https://idia.ac.id/pjj-di-simaster/.

“PJJ; Ijtihad IDIA dalam Pembelajaran di Masa Transisi | INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN,” n.d. Diakses 2 March 2021. https://idia.ac.id/2020/06/18/pjj-ijtihad-idia-dalam-pembelajaran-di-masa-transisi/.

“Uuno20th2003ttgsisdiknas.Pdf,” n.d. Diakses 2 March 2021. http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttgsisdiknas.pdf.

Diterbitkan

2021-10-31

Cara Mengutip

Ardiyanti, & Tidjani, A. . (2021). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI (SIMASTER) DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Di Fakultas Tarbiyah IDIA Prenduan). Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 6(2), 186–208. https://doi.org/10.30603/jiaj.v6i2.2090