Ekosistem Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an

Penulis

  • Abdul Rokhim Universitas Satyagama Jakarta
  • Ahmad Zain Sarnoto Institut PTIQ Jakarta
  • Ahmad Thib Raya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Samsul Bahri IAIN Kendari

DOI:

https://doi.org/10.30603/jiaj.v7i2.2611

Kata Kunci:

Education, Ecosystem, Al-Qur’an, Synergy

Abstrak

ABSTRACT

This paper aims to show the importance of the Al-Qur'an perspective education ecosystem in improving the quality of education. The method used in this study is a phenomenological qualitative method, while the approach used is a library approach, namely by collecting materials, information, evidence from various materials and materials from the library in the form of books, magazines, scientific manuscripts, journals, dissertations, or other notes. This study shows that the Qur'anic perspective on the educational ecosystem is found in five signs, namely, ta'ȃwun, takȃful, syirkah, al-jauz, ukhuwah. The metaphor of reciprocal relationships in the explanation of these terms can be used as a sign of mutual cooperation in the world of education known as the educational ecosystem. The mutualistic cooperation in question is between components or educational institutions, namely the family environment, schools, communities, mosques, social media, work environments, and the natural environment. The synergy between these educational institutions will ensure an increase in the quality of education.

Keywords: Education Ecocystem, Al-Qur’an Perspective, Synergy ABSTRAK

Tulisan ini bertujuan untuk menunjukkan pentingnya ekosistem pendidikan perspektif Al- Qur’an dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif fenomenologis, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kepustakaan, yaitu dengan menghimpun bahan, keterangan, bukti dari bermacam bahan dan materi dari perpustakaan dalam bentuk buku, majalah, naskah-naskah ilmiah, jurnal, disertasi, atau catatan lainnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa perspektif Al-Qur’an mengenai ekosistem pendidikan ditemukan dalam lima isyarat yaitu, ta’ȃwun, takȃful, syirkah, al-jauz, ukhuwah. Metafora hubungan timbal balik pada penjelasan term tersebut dapat dijadikan sebagai isyarat kerjasama mutualisme dalam dunia pendidikan yang dikenal dengan istilah ekosistem pendidikan. Kerja sama mutualisme yang dimaksud adalah antara komponen atau institusi pendidikan, yaitu lingkungan keluarga, sekolah, masyakarat, masjid, media sosial, lingkungan kerja, dan lingkungan alam. Sinergi antara institusi pendidikan tersebut akan menjamin peningkatan kualitas pendidikan.

Kata Kunci: Ekosistem Pendidikan, Perspektif Al-Qur’an, Sinergitas

 

Referensi

Abdullah, Abdul Rahman Salih Educational, (1981), Theory: A Qur’anic Outlook, Disertasi. University of Edinburgh.

Ahmad, Nurwadjah, (2010), Tafsir Ayat-ayat Pendidikan,Hati yang Selamat Hingga Kisah Luqman, Bandung: Marja.

Al-Asfahani, Al-Raghib, (1992), Mufradat Alfazh Al-Qur’an, Damaskus: Dȃr Al-Qalȃm.

Ali, ‘Atabik dan Ahmad Zuhdi Muhdar, (1998), Kamus Krapyak al-‘Ashri, Yogyakarta: Multi Karya Grafika.

Ali, Abdullah Yusuf, (1992), The mean ing of the Holy Qur’an, Maryland: Amanna Corporation.

al-Maraghi, Ahmad Mustafa, 1974), Tafsir Al-Maraghi, Mesir: Mustafa al-Babi al-Halabi.

Al-Rasyidin, (2008), Falsafah Pendidikan Islam, Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Amin, Samsul Munir, (2016), Ilmu Akhlak, Jakarta : Amzah.

Arief, Armai, (2002), Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers.

Asifuddin, Ahmas Faiz, Rumah dan Peranan Pentingnya dalam-Pendidikan Umat,” dalam https://almanhaj.or.id/8511-rumah-dan-peranan-pentingnya-dalam-pendidikan-umat.html. Diakses pada 1 April 2021.

Azizah Masrukah, “Manfaat Media Sosial dalam Dunia Pendidikan,” dalam https://www.kompasiana.com/azizahmasrukah/5c490c8e12ae94050c6549bb/manfaat-media-sosial-dalam-dunia-pendidikan. Diakses pada 9 Juni 2021.

Bâqî, Muhammad Fuad Abdul, (t.th.), al-Mu‘jam al-Mufahras li al-Fâz al-Qur’ân, Indonesia: Maktabah Dahlan.

Barni, Mahyudin, (2011), Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an, Yogyakarta : Pustaka Prisma.

Bisri, Adib dan Munawir, (1999), Kamus Al-Bisri Indonesia-Arab, Arab-Indonesia, Surabaya: Pustaka Progresif.

Chandra, Ardan Adhi, “Banyak Lulusan SMK Jadi Pengangguran, Ini Penyebabnya”, dalam https://finance.detik.com./berita-ekonomi-bisnis/d-3508298/banyak-lulusan-smk-jadi-pengangguran-ini-penyebabnya. Diakses pada 23 Februari 2019.

Cubita, et.al., Membangun Ekosistem Pendidikan Bersama Masyarakat Sekitar Kampus, Yogyakarta: PIKA UGM, 2019, edisi Juni 2019.

Damsar, (20120, Pengantar Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Darmansyah,(2011), Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor, Jakarta: Bumi Aksara.

Faza, Asrar Mabrur, Hadis Tentang Tiga Fungsi Masjid, dalam https://www.-iainlangsa.ac.id/detailpost/hadis-tentang-tiga-fungsi-masjid, diakses pada 6 Mei 2021.

Hafidhuddin, Didin dan Hendri Tanjung, (2003), Manajemen Syariah Dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani Press.

Hafidhuddin, Didin, (2004), Islam Aplikatif, Jakarta: Gema Insani Press.

Hamka, (2015), Tafsir Al-Azhar Diperkaya dengan Pendekatan Sejarah, Sosiologi, Tasawuf, Ilmu Kalam, Sastra, dan Psikologi, Jakarta, Gema Insani Press.

Harususilo, Yohanes Enggar, "Skor PISA 2018: Peringkat Lengkap Sains Siswa di 78 Negara, Ini Posisi Indonesia", dalam https://edukasi.kompas.com/read/2019/-12/07/-10225401/skor-pisa-2018-peringkat-lengkap-sains-siswa-di-78-negara-ini-posisi. Diakses pada 5 Mei 2020.

Hasbullah, (2011), Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Husain, Abi al-Qasim bin Muhammad bin Al-Fadil, (2008), Mufradat Alfahz Al-Qur’an Lebanon: Dȃr al-Kutub al-Ilmiyah.

Ibrahim, Sulaiman. "Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Perspektif Al-Qur’an: Kajian Tafsir Maudu’iy." Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner 1.1 (2016): 109-132

Ibrahim, Sulaiman, Pendidikan tentang Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal Ilmiah AL-Jauhari, Vol. 2, No. 2, 2017, h. 145-148.

Ihsan, Fuad, (20130, Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Imȃd ad-Din Abu al-Fida Ismail Ibnu Umar Ibn Katsir, (2016), Tafsir Ibn Katsîr, Mesir: Daarul al-’Alamiyah.

Imaduddin, Basuddin dan Nashirah Ishaq, (2012), Kamus Kontekstual Arab-Indonesia, Jakarta: Gema Insani Press.

Jalal al-Din al-Mahalli dan Jalal al-Din al-Suyuthi, (, t.th.) Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim, Bandung: Al-Ma’arif.

Khoiruddin, Muhammad, “Pendidikan Sosial Berbasis Tauhid dalam Perspektif Al-Qur’an,” dalam Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Vol. 18, No. 1, 2018.

Langgulung, Hasan, (2004), Manusia & Pendidikan Sautu Analisa Psikologis, Filsafat dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Alhusna Baru.

Ma’luf, A.Louise. (1986), Al-Munjid Fil Lughoh wal Alam, Bairut: Dȃrul Masyriq.

Mada, Universitas Gajah, Membagun Ekosistem Pendidikan Bersama Masyarakat Sekitar Kampus, Jogyakarta: PIKA UGM, 2019, edisi Juni 2019.

Madjid, Nurcholis, (1997), Masyarakat Religius Membumikan Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan Masyarakat, Jakarta: Paramadina.

Manzur, Ibnu, (t.th.) Lisan Al-Arab, Jilid 1, Bairut: Dȃrul Sadir.

Maulan, Rikza, “ Etimologi dan Pengertian Takaful,” dalam “https://www.takaful-umum.co.id/upload/literasi/pengetahuan/Etimologi%20dan%20Pengertian%20Takaful.pdf. Diakses pada 14 Maret 2021.

Mulyasa, (2015), Revolusi Mental Dalam Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munawwir, Ahmad Warson, (2002),# Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progresif.

Musthafa, Bisri, (t.th.) Al-Ibriz Lima’rifati Tafsir al-Qur’an al-‘Aziz, Rembang: Menara Kudus.

Nata, Abuddin, (2016), Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: Kencana.

Nawawi, Hadari, (1985), Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung.

Nazir, Moh., (1988), Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Neolaka, Amos dan Grace Amialia A. Neolaka, (2017), Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup, Depok: Kencana.

Niemi, Hannele, “Building Partnerships in an Educational Ecosystem,” dalam Journal C.E.P.S Vol. 6, No. 3, Tahun 2016.

Nurdin, Ali, (2006), Quranic Society, Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal dalam Al-Qur’an, Jakarta: Erlangga.

Pearce, Annie R. and Andrew P. McCoy, Greating An Educational Ecosystem For Contruction A Model For Research Teaching and Outreach Integration and Synergy, dalam https://www.academia.edu/936478/E14 Greating An Educational Ecosystem For Contruction A Model For Research Teaching and Outreach Integration and Synergy, diunduh pada Sabdtu, 25 April 2020.

Poerwadarminta, (2007) Kamus Umum Bahasa Indonesia: edisi ketiga, Jakarta: Balai Pustaka.

Ramli, M., “Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits,” dalam Ittihad Jurnal, Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Volume 13 No. 23 April 2015.

Saebani, Beni Ahmad dan Hasan Basri, Ilmu Pendidikan Islam (jilid II), Babdung: Pustaka Setia, 2010, cet. Ke-1, hal. 113.

Seftiawan, Dhita “630,000 Orang Sarjana Masih Menganggur”, dalam https:-//www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2018/03/26/630000-orang-sarjana-masih-mengang-gur-421873. Diakses pada 20 Februari 2019.

Shihab, M. #Quraish, (2017), # Tafsir #Al-Misbah #Pesan, #Kesan, dan #Keserasian #Al-Qur’an, Ciputat: Lentera Hati.

-------,# (2013) Secercah Cahaya Ilahi, Hidup Bersama Al-Qur’an, Bandung: Mizan.

-------, (1998), Wawasan Al-Qur’an, Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan.

-------, (2001), Lentera Hati Kisah dan Hikmah Kehidupan, Bandung: Mizan.

-------, (2001), Membumikan Al-Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan.

Soedomo, M., (1987), Sekitar Eksistensi Sekolah, Yogyakarta: Henedita Offset.

Sudarsono, (1992), Kamus Hukum, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suhada, “Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an,” dalam Jurnal HIKMAH, Vol. XIII, No. 1, 2017.

Supriadi, Akhmad, “Rumah Idaman,” dalam https://kalteng.prokal.co/read/-news/4702-rumah-idaman. Diakses pada 29 Maret 2021.

Tafsir, Ahmad, (2014),#Ilmu#Pendidikan dalam#Perspektif#Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,.

Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah, (2002), Ensiklopedi Islam Indonesia, Jakarta: Djambatan.

Tim Penyusun, (2009), Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah, Jakarta : Kencana.

Yunus, Syarifudin, “Mengkritisi Kompetensi Guru”, dalam https://news.detik.com/ kolom/3741162/mengkritisi-kompetensi-guru. Diakses pada 20 Februari 2019.

Yusnus, Mahmud, (2010) Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: PT Mahmud Yunus Wadzurriyah.

Yusuf, A. Muri, (2015), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Jakarta: Kencana.

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Rokhim, A. ., Sarnoto, A. Z. ., Raya, A. T. ., & Bahri, S. (2022). Ekosistem Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an . Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 7(2), 188–216. https://doi.org/10.30603/jiaj.v7i2.2611