Model Implementasi Kurikulum dalam Pembelajaran dan Implikasinya terhadap Kepesertadidikan

Penulis

  • Sukardi Ismail Dinas Pendidikan dan Olahraga Provinsi Gorontalo
  • Lamsike Pateda IAIN Sulltan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/jiaj.v8i1.3725

Kata Kunci:

Curriculum, Models in Learning, Students

Abstrak

The article aims to analyse the curriculum implementation model in learning and its implications for education. The method used is skinataif. The results of the study show that the curriculum has an important role in improving the quality of education and strengthening learners' education. Appropriate implementation of the curriculum according to students' needs can help improve students' skills and knowledge, increase learning motivation, strengthen students' participation and involvement in the learning process, develop important life skills, increase accountability in education and improve students' future opportunities. A good and appropriate curriculum implementation model needs to be developed and implemented consistently to strengthen student participation and improve the overall quality of education. So that learners can be ready to face future challenges and competition and become successful and contributing members of society

Referensi

Bahri, Syamsul. “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 11, no. 1 (2017)

Baihaqi, Lukman. “Korelasi Sinergi Organisasi Pelajar Pondok Fadllillah Dengan Pendidik Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas X MA Fadlillah Sidoarjo.” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.

Fitri, Siti Fadia Nurul. “Problematika Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1 (2021): 1617–1620.

Hamalik, Omar. “Dasar-Dasar Pokok Pendidikan.” Bandung. PT Erisco (2007).

Ibrahim, S. (2017). Pendidikan tentang Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 2(2), 243–256. https://doi.org/10.30603/jiaj.v2i2.691

Ibrahim, S. (2014). Menata Pendidikan Islam di Indonesia. Irfani, 10(1), 29302.

Ilhami, Rudi, and Syahrani Syahrani. “Pendalaman Materi Standar Isi Dan Standar Proses Kurikulum Pendidikan Indonesia.” Educational Journal: General and Specific Research 1, no. 1 (2021): 93–99.

Katuuk, Deitje A. “Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatan Implementasi Kurikulum 2013” (2014).

Lazwardi, Dedi. “Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 7, no. 1 (2017): 119–125.

Maryani, Ika, and Laila Fatmawati. Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar: Teori Dan Praktik. Deepublish, 2018.

Maulidiah, Siti Nuriyah Ihsanul. “Implementasi Kurikulum International Baccalaureate Dalam Pengembangan Kompetensi Siswa Di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo.” UIN SUNAN AMPEL SURABAYA, 2022.

Mulyasa, H E. Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara, 2022.

Mustari, Muhamad, and M Taufiq Rahman. “Manajemen Pendidikan.” RajaGrafika Persada, 2014.

Nafiah, Yunin Nurun, and Wardan Suyanto. “Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Vokasi 4, no. 1 (2014).

Nahar, Novi Irwan. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran.” NUSANTARA: jurnal ilmu pengetahuan sosial 1, no. 1 (2016).

Ningrum, Elwien Sulistya, and Ahmad Yusuf Sobri. “Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar.” Jurnal Manajemen Pendidikan 24, no. 5 (2015): 416–423.

Pahrudin, Agus. “Buku: Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses Dan Hasil Pembelajaran Pada Man Di Provinsi Lampung.” Pustaka Ali Imron, 2019.

Pratiwi, Yani, Sukiman Sukiman, Rohmi Triwulandari, and Intan Permata Putri. “Role Model Pengembangan Kurikulum Grass Root Di Sekolah Dasar.” Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 5, no. 2 (2022): 188–203.

Rohmah, Nazilatul. “Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Kemampuan Riset Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo.” IAIN PONOROGO, 2022.

Rohman, Fathur. “Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab.” Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1, no. 1 (2014): 64–78.

Roziqin, Zainur. “Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul.” As-Sabiqun 1, no. 1 (2019): 44–56.

Salay, Rahila. “Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) Dengan Student Centered Learning (SCL)” (2019).

Siregar, Edison. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Dalam Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).” Jurnal Dinamika Pendidikan 11, no. 2 (2018): 153–166.

Utama, A M Bandi. “Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani.” Jurnal pendidikan jasmani indonesia 8, no. 1 (2011).

Wahyudin, Dinn. “Model Pembelajaran ICARE Pada Kurikulum Mata Pelajaran TIK Di SMP.” Jurnal Penelitian Pendidikan 11, no. 1 (2010): 23–33.

Wahyuningsih, Endang Sri. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish, 2020.

Wahyuningsih, Riwayati. “Implementasi Total Quality Management (TMQ) Di Institut PTIQ Jakarta.” Institut PTIQ Jakarta, 2021.

Diterbitkan

2023-04-12

Cara Mengutip

Ismail, S., & Pateda, L. (2023). Model Implementasi Kurikulum dalam Pembelajaran dan Implikasinya terhadap Kepesertadidikan. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 8(1), 123–139. https://doi.org/10.30603/jiaj.v8i1.3725