EFEKTIVITAS BIMBINGAN BELAJAR MANDIRI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 GORONTALO

Penulis

  • Darmawati Zakaria Pasca Sarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Sulaiman Ibrahim IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/jiaj.v3i2.538

Kata Kunci:

Bimbingan Belajar Mandiri, Hasil Belajar

Abstrak

Guru sebagai pembimbing dalam proses pembelajaran membantu setiap peserta didik mengatasi kesulitan belajar baik secara individual maupun kelompok, melalui bimbingan belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam pelaksanaan bimbingan belajar mandiri dan menganalisis pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan belajar mandiri di SMK Negeri 3 Gorontalo terdapat 3 proses tahapan yaitu 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; dan 3) Penilaian, Terbukti besarnya pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang mengikuti kegiatan proses pembelajaran dengan teknik individual dan kelompok keseluruhannya tuntas belajar (100%). Teknik individual rerata prosentase baik sekali 57.89 dan rerata prosentase kriteria baik 42.11 %. Sedangkan keberhasilan teknik kelompok rerata prosentase baik sekali 66.67 %, dan rerata prosentase kriteria baik 33.33%.

Diterbitkan

2019-02-08

Cara Mengutip

Zakaria, D., & Ibrahim, S. (2019). EFEKTIVITAS BIMBINGAN BELAJAR MANDIRI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 GORONTALO. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(2), 1–18. https://doi.org/10.30603/jiaj.v3i2.538