Pengaruh Kearifan Lokal dan Kecerdasan Spiritual terhadap Perilaku Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.30603/jiaj.v4i1.850Kata Kunci:
Kearifan Lokal, Kecerdasan Spritual, PerilakuAbstrak
Artikel ini bertujuan mengungkapkan pengaruh kearifan lokal dan keceradasan spiritual terhadap perilaku peserta didik di SMA Negeri 1 Kabila. Pengkajian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis koefisien korelasi product moment dan regresi linier berganda. Hasil kajian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang cukup berarti antara kearifan lokal terhadap perilaku peserta didik, dan korelasi determinasinya sebesar 17,9%. (2) terdapat pengaruh yang kuat antara kecerdasan spiritual terhadap perilaku peserta didik dan korelasi determinasinya sebesar 50,8%. (3) terdapat pengaruh yang kuat antara kearifan lokal dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama terhadap perilaku peserta didik dan korelasi determinasinya sebesar 50,41 %. Selanjutnya 49,59% perilaku baik peserta didik dipengaruhi faktor lain. Hal inilah yang menyebabkan di SMA Negeri 1 Kabila menerapkan pendidikan berbasis kearifan lokal dan pengadaan kegiatan spiritual di sekolah dalam rangka menanggulangi perilaku buruk peserta didik.