Orientasi Perubahan Kurikulum Pendidikan Pesantren

Penulis

  • Samsul Bahri IAIN Kendari

DOI:

https://doi.org/10.30603/jiaj.v4i2.916

Abstrak

Kajian ini orientasi perubahan kurikulum pendidikan pesantren (studi kasus pesantren ummusshabri Kendari. Penelitian ini menggunakan instrument penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah deskriptif-analitis dengan pendekatan sosiologis, sejarah, komparatif. Studi ini membuktikan bahwa oreintasi perubahan kurikulum pesantren dalam perspektif historis telah dilakukan pesantren Ummushabri Kendari dengan membuka MTS dan MA sebagai sistem pendidikan modern. Namun perubahan itu menyebabkan sistem pendidikan tradisional ditinggalkan siswanya, karena itu, pendidikan tradisional pesantren telah kehilangan fungsinya sebagai lembaga pesantren, yang justru medominasi adalah kurikulum madrasah dan sekolah umum. Studi ini juga menemukan tidak semua pesantren melakukan perubahan meninggalkan tradisinya, hal ini terlihat pembaharuan pendidikan pesantren Lirboyo yang berhasil mempertahankan fungsi utama lembaga pesantren  yakni trasnmisi ilmu pengetahuan keislaman, pemeliharaan tradisi Islam serta penciptaan kader-kader ulama, dan menjadikan model pembaharuan pensantren Lirboyo sebagai perbandingan.

 

Abstract

                    This study orientation changes in the pesantren education curriculum (case study of the Islamic boarding school of the Islamic Boarding School in Kendari. This study uses a field research instrument. The method used is descriptive-analytical with a sociological, historical, comparative approach. Ummushabri Kendari by opening MTS and MA as a modern education system.But the change caused the traditional education system abandoned by students, therefore, traditional pesantren education has lost its function as a pesantren institution, which instead is dominated by the madrasa curriculum and public schools. all pesantren make changes leaving their tradition, this can be seen from the renewal of the Lirboyo pesantren education which succeeded in maintaining the main function of the pesantren institution namely the transmission of Islamic science, the maintenance of Islamic traditions the creation of ulama cadres, and made the Lirboyo pesantren renewal model as a comparison.

 

Diterbitkan

2019-12-23

Cara Mengutip

Bahri, S. (2019). Orientasi Perubahan Kurikulum Pendidikan Pesantren. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 4(2), 261–282. https://doi.org/10.30603/jiaj.v4i2.916