Penerapan Metode Scramble dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks BerBahasa Inggris

Authors

  • Nita Wantu

Keywords:

metode scramble, membaca teks, bahasa Inggris

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris idealnya disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan disajikan secara kontekstual, siswa tidak hanya dituntut untuk mampu secara kognitif tetapi kebutuhan perkembangan aspek afektif dan psikomotor mereka harus terpenuhi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan metode scramble dalam meningkatkan kemampuan membaca teks berbahasa Inggris. Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif  melalui prosedur penelitian terdiri dari: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa terdapatnya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode scramble. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi awal hanya 6 siswa atau 30% yang mampu membaca teks berbahasa Inggris dengan baik, setelah diadakan tindakan siklus I meningkat menjadi 12 siswa atau 60% yang mampu membaca teks berbahasa Inggris dengan baik. Dilanjutkan  ke siklus II meningkat menjadi 17 siswa atau 85% anak yang mampu membaca teks berbahasa Inggris dengan baik. Dengan demikian metode scramble berhasil dalam kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Inggris.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Wantu, N. (2018). Penerapan Metode Scramble dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks BerBahasa Inggris. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 146–158. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/1028