Model Evaluasi Countenance Stake Menggunakan Pendekatan Analisis Rasch Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Kolaboratif

Authors

  • Muh. Ansar
  • Buhari Luneto IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Herson Anwar IAIN Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Evaluasi Countenance Stake, Analisis Rasch, Pemecahan Masalah Kolaboratif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengevaluasi keterampilan siswa melalui pemecahan masalah kolaboratif dalam suatu pembelajaran, maka dinamakan pemecahan masalah kolaboratif (CPS). Cara menilai keterampilan CPS siswa adalah melalui penilaian hak wawancara. Gunakan metode model Rasch untuk menganalisis rencana observasi dan penilaian. Metode pengumpulan data dengan mengamati keterampilan CPS meliputi keterampilan kognitif dan keterampilan sosial. Hasil data tabel hasil pemecahan masalah, angket pengalaman belajar siswa, dan hasil analisis konsistensi dan kontingensi dengan model Rasch menunjukkan bahwa siswa memiliki keterampilan kognitif cukup tetapi keterampilan sosial belum maksimal.  Oleh karena itu, temuan dan rekomendasi peneliti memerlukan penelitian lebih lanjut tentang pengetahuan yang berkaitan dengan kemampuan nalar dan berpikir kreatif pemecahan masalah siswa.Oleh karena itu, seperti kita ketahui bersama, berpikir kreatif menggunakan penalaran sama seperti keputusan atau solusi yang digunakan siswa untuk membuat suatu masalah

Downloads

Published

2021-02-02

How to Cite

Muh., Luneto, B., & Anwar, H. (2021). Model Evaluasi Countenance Stake Menggunakan Pendekatan Analisis Rasch Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Kolaboratif. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 32–40. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/3402