Peningkatan Hasil Belajar Materi Shalat Gerhana Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Turnamen Pada Peserta Didik Kelas VIII.2 UPTD SMPN 1 Tomoni

Authors

  • Haryono Haryono UPT SMPN 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur

Keywords:

Model Pembelajaran, Antusias Siswa, Team Games Tournament

Abstract

Pendidikan merupan cikal bakal dari lahirnya generasi yang cerdas. Pendidikan tidak hanya berlangsung pada satu saat saja, tapi pendidikan terus berlanjut tanpa mengenal usia yang disebut dengan istilah pendidikan seumur hidup. Dalam proses belajar mengajar perlu diciptakan kondisi yang nyaman bagi siswa untuk belajar. Oleh sebab itu saat ini banyak model pembelajaran yang diterapkan dalam proses belajar. Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk Menerapkaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam proses belajar mengajar dengan mengoptimalkan peran aktif siswa dalam kelas dan Memberikan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa tentang materi melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 UPTD SMP Negeri 1 Tomoni, sebanyak 11 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 selama 30 hari di mulai 21 Juli - 21 Agustus 2022. Penentuan waktu penelitian mengacu pada kalender akademik sekolah, karena PTK memerlukan beberapa siklus yang membutuhkan proses belajar mengajar yang efektif di kelas.Pada proses pembelajaran terlihat beberapa peningkatan yang terjadi pada siswa dimana berdasarkan hasil pengamatan sikap siswa di kelas selama kegiatan belajar melalui metode Teams Games Tournament (TGT) ternyata mampu mengubah sikap belajar siswa dan dapat meningkatkan pola pikir dan aktivitas belajar siswa serta menumbuhkan rasa saling kerjasama antar siswa.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Haryono, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Shalat Gerhana Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Turnamen Pada Peserta Didik Kelas VIII.2 UPTD SMPN 1 Tomoni. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 125–137. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4028