Penerapan Model Pembelajaran PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi Salat Gerhana dan Istisqa pada Peserta Didik Kelas VIII UPT SMP Negeri 8 Satap Enrekang

Authors

  • Ediwijaya UPT SMP Negeri 8 Satap Enrekang

Keywords:

Projek Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan “classroom action research” (Penelitian Tindakan Kelas) Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI/BP yang mengajar PAI/BP dan Peserta Didik UPT Smp Negeri 8 Satap  Enrekang yang berjumlah 10 orang, terdiri dari 6 orang laki-laki, dan 4 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan 3 siklus.Tiap       siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan ,tindakan,observasi dan refleksi.Teknik yang digunakan yaitu lembar observasi dan dan tes hasil belajar. Data ta yang dikumpulkan dianalisis dengan bantuan statistika deskriptif, dan disajikan dalam bentuk matriks tabulasi. Dari hasil observasi selama siklus I didapatkan data terkait nilai rata-rata keaktifan peserta didik yaitu 70,6 siklus II yaitu 83,25. Sedangkan nilai rata-rata keaktifan guru pada siklus I yaitu 96,66 dan pada siklus II yaitu 100. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa dan guru berada pada kriteria sangat baik. Indikator kuantitatif dilihat dari segi hasil pada ketuntasan klasikal pada siklus I yang mulanya hanya mempunyai rata-rata 67,3, meningkat pada siklus II menjadi 90,00. Proses penerapan model pembelajaran model Pjbl dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan materi salat gerhana dan istisqa pada peserta didik kelas VIII UPT Smp Negeri 8 Satap Enrekang berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan langkah- langkah yang telah ditentukan. Hal ini terlihat dari semakin meningkatnya hasil belajar dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Ediwijaya. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi Salat Gerhana dan Istisqa pada Peserta Didik Kelas VIII UPT SMP Negeri 8 Satap Enrekang. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 104–112. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4049