Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak Materi Taubat, Taat, Istiqamah dan Ikhlas Kelas VII MTs Ibnu Khaldun Toili

Authors

  • Abdul Muin MTs Ibnu Khaldun Toili

Keywords:

hasil belajar, metode pembelajaran berbasis Aktivitas, Akidah Akhlak

Abstract

Berdasarkan temuan awal yang dilakukan peneliti bahwa di kelas VII MTs Ibnu Khaldun Toili Peserta didik aktif dan ikut dalam menentukan tujuan pembelajaran di kelas. Kenyataannya proses belajar mengajar Peserta didik masih belum bisa konsentrasi dalam belajar, Peserta didik masih ribut sendiri, belum ada motivasi yang mendukung untuk mendapatkan prestasi yang baik dan memuaskan, selain itu anak juga cepat bosan. Akibat dari kondisi tersebut masih banyak Peserta didik yang belum mencapai nilai ketuntasan. Peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM baru 16 Peserta didik dan Peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah KKM 13 Peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar Peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak melalui penerapan model pembelajaran berbasis aktivitas pada Peserta didik kelas VII MTs Ibnu Khaldun Toili. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran yang kurang maksimal yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pemberian tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas bahwa penerapan model pembelajaran berbasis aktivitas dapat meningkatkan motivasi belajar Peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di kelas VII MTs Ibnu Khaldun Toili. Peningkatan motivasi belajar Peserta didik pada siklus I semula nilai rata-rata pada pre tes sebesar 68,2%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,65%, dengan hasil yang sangat memuaskan, dengan demikian Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2021-02-02

How to Cite

Muin, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak Materi Taubat, Taat, Istiqamah dan Ikhlas Kelas VII MTs Ibnu Khaldun Toili. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 64–78. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4082