Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menghindari Ghibah dan Menumbuhkan Tabayun Mata Pelajaran PAI di Kelas VII SMP Negeri 4 Anggrek

Authors

  • Irmawati Walahe SMP negeri 4 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara

Keywords:

Model pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Anggrek Tahun ajaran 2022/2023 mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan 3 kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus pertama dan kedua membahas materi pokok Menghindari Ghibah dan menumbuhkan tabayun.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 14 peserta didik. Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,dan tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi meghindari ghibah dan menumbuhkan tabayun.dimana persentase rata-rata perolehan hasil belajar pada pra siklus dan siklus untuk rentang nilai 50-60 hanya terlihat pada prasiklus yaitu sebanyak 75% siswa, untuk rentang nilai 60-70 meningkat dari  21,42% pada prasiklus menjadi 78,57% pada siklus 1,sementara untuk siklus 2  tidak terdapat siswa dengan rentang nilai tersebut. Untuk rentang nilai 70-80 dari 14,28% pada pra siklus dan siklus 1, sementara pada siklus 2 tidak terdapat siswa yang memperoleh rentang nilai tersebut. Rentang nilai 80-90 sebanyak 0% pada pra siklus meningkat menjadi 7,14% pada siklus 1 dan 85,71% pada siklus 2, sementara untuk rentang 90-100 sebanyak 14,28% siswa yang memperoleh pada siklus 2. Simpulan Penelitian ini  adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas VII SMPN 4 Anggrek.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Walahe, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menghindari Ghibah dan Menumbuhkan Tabayun Mata Pelajaran PAI di Kelas VII SMP Negeri 4 Anggrek. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 45–58. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/3998