Penerapan Metode Numbers Head Together Dalam Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Peserta Didik Fase A SD Inpres Taeng-Taeng Kabupaten Gowa

Authors

  • Sumarniati SD Inpres Taeng-Taeng Kabupaten Gowa

Keywords:

Metode Numbers Head Together, Huruf Hijaiyah

Abstract

Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pengenalan Huruf Hijaiyah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik Kelas I SD Inpres Taeng-Taeng. Secara khusus bertujuan untuk Mengetahui hasil belajar peserta didik yang mengacu pada model Cooperatif Learning Tipe Number Heads Together (NHT) Kelas I SD Inpres Taeng-Taeng semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 untuk materi Pengenalan Huruf Hijaiyah, yang terdiri dari 28 peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan satu kali pertemuan (satu kali tatap muka), demikian pula halnya dengan Siklus II. Sebelum diterapkannya metode Cooperatif Learning Tipe Number Heads Together (NHT) hasil belajar siswa secara klasikal hanya 12 siswa (47%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 65,7.  Setelah diterapkannya metode Cooperatif Learning Tipe Number Heads Together (NHT) pada siklus I sebanyak 18 siswa (64%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72,5 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 25 siswa (89%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.25. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Sumarniati. (2022). Penerapan Metode Numbers Head Together Dalam Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Peserta Didik Fase A SD Inpres Taeng-Taeng Kabupaten Gowa. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 138–149. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4008