MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMULA MELALUI METODE BERMAIN KARTU HURUF PADA KELOMPOK B DI TK HATI MULIA PARANG BANTAENG

Authors

  • Rosma TK Hati Mulia Parang Bantaeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca pemula melalui bermain kartu huruf  pada anak kelompok B di TK Hati Mulia Parang Bantaeng. Jenis penelitian yang dilakukan adalah  penelitian tindakan kelas (PTK) prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendahuluan,perencanaan, pelaksanaan,pemngamatan dan refleksi.Metode pengumpulan data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah metode observasi.Instrumen yang dipakai adalah ceklist observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bermain kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.Anak kelompok B yang berjumlah 16 orang pada pra siklus yang mendapat bintang 3 sebanyak 6 anak (40%) pada siklus I sebanyak 8 anak (50%) dan pada siklus II sebanyak 10 anak (80%) Berdasarkan hasil tindakan  terjadi peningkatan kemampuan  membaca anak yang sesuai  dengan kriteria kesuksesan  yang ditetapkan yaitu 70% Hal ini berarti kemampuan membaca  dapat ditingkatkan melalui  bermain kartu huruf  pada anak kelompok B di TK Hati Mulia Parang dengan cara menyebutkan nama sendiri (merangkai nama sendiri, membaca nama sendiri  dan menulis nama sendiri mengurutkan huruf A-Z(26 huruf) menyusun kartu huruf menjadi 4 macam kata.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Rosma. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMULA MELALUI METODE BERMAIN KARTU HURUF PADA KELOMPOK B DI TK HATI MULIA PARANG BANTAENG. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 712–721. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5518