MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMULA MELALUI METODE BERMAIN KARTU HURUF PADA KELOMPOK B DI TK HATI MULIA PARANG BANTAENG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca pemula melalui bermain kartu huruf pada anak kelompok B di TK Hati Mulia Parang Bantaeng. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendahuluan,perencanaan, pelaksanaan,pemngamatan dan refleksi.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi.Instrumen yang dipakai adalah ceklist observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bermain kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.Anak kelompok B yang berjumlah 16 orang pada pra siklus yang mendapat bintang 3 sebanyak 6 anak (40%) pada siklus I sebanyak 8 anak (50%) dan pada siklus II sebanyak 10 anak (80%) Berdasarkan hasil tindakan terjadi peningkatan kemampuan membaca anak yang sesuai dengan kriteria kesuksesan yang ditetapkan yaitu 70% Hal ini berarti kemampuan membaca dapat ditingkatkan melalui bermain kartu huruf pada anak kelompok B di TK Hati Mulia Parang dengan cara menyebutkan nama sendiri (merangkai nama sendiri, membaca nama sendiri dan menulis nama sendiri mengurutkan huruf A-Z(26 huruf) menyusun kartu huruf menjadi 4 macam kata.