Perencanaan Model Blended Learning Mata Pelajaran PAI pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa Covid 19 di SD IT Permata Umat Kecamatan Tibawa

Penulis

  • Nurhayati Hipi IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Kasim Yahiji IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Damhuri IAIN Sultan Amai Gorontalo

Kata Kunci:

Blended Learning PAI, Pembelajaran Terbatas, Covid-19

Abstrak

Pandemi COVID-19 merupakan musibah yang memilukan seluruh penduduk bumi. Seluruh segmen kehidupan manusia di bumi terganggu, tanpa kecuali pendidikan. Banyak negara memutuskan menutup sekolah, perguruan tinggi maupun universitas, termasuk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dengan blended learning terhadap hasil belajar PAI dimasa pandemi di SD IT Permata Umat Kecamatan Tibawa. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Blended learning pada awalnya digunakan untuk menggambarkan mata pelajaran yang mencoba menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online. Tujuan pembelajaran PAI Agama Islam yang diharapkan ialah mampu mencetak para intelektual yang beriman dan bertaqwa sehingga mampu menjalankan syariat Islam sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan sunnah. Mengukur hasil belajar adalah suatu aktivitas yang telah dilakukan dan memperoleh pengetahuan dengan memenuhi unsur kognitif, psikomotorik, dan afektif baik individu maupun secara kelompok pada mata pelajaran tertentu

Diterbitkan

2021-07-02

Cara Mengutip

Hipi, N., Yahiji, K., & Damhuri. (2021). Perencanaan Model Blended Learning Mata Pelajaran PAI pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa Covid 19 di SD IT Permata Umat Kecamatan Tibawa. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–16. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/2574

Terbitan

Bagian

Articles