Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2022-04-24. Baca versi terbaru.

Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Kurikulum (Studi Manajemen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar)

Penulis

  • Muhaiminul Azis Yunus IAIN Gorontalo
  • Buhari Luneto IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Herson Anwar IAIN Sultan Amai Gorontalo

Kata Kunci:

Fungsi Manajemen, Pengelolaan Kurikulum

Abstrak

Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengambil berbagai rujukan yang berhubungan dengan tema penelitian yang dimaksud yaitu fungsi manajemen dalam pengelolaan kurikulum. Seluruh rangkaian manajemen pengelolaan pembelajaran tersebut bertujuan untuk menciptakan kondisi dimana para siswa secara aktif dalam pembelajaran dan dapat mengembangkan nalar yang dimilikinya, meningkatkan mutu pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien serta tujuan pembelajaran atau komptensi dapat tercapai sesuai yang direncanakan. Manajemen mempunyai tugas-tugas yang harus dilaksanakan. Tugas itulah yang biasa disebut sebagai fungsifungsi manajemen. Terdapat lima kombinasi fungsi fundamental manajemen dalam rangka mencapai tujuan. Kombinasi A terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, memberi dorongan (actuating) dan pengawasan (controlling). Kombinasi B terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, memberi motivasi (motivating) dan pengawasan. Kombinasi C terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, staffing, member pengarahan (directing) dan pengawasan. Kombinasi D terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, staffing, memberi pengarahan, pengawasan, inovasi dan memberi peranan. Kombinasi E terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, memberi motivasi, pengawasan dan koordinasi. Dari kelima kombinasi tersebut dapat disaring menjadi tiga fungsi utama manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan. Seluruh rangkaian manajemen pengelolaan kurikulum tersebut bertujuan untuk menciptakan kondisi dimana membantu meningkatkan mutu pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien serta tujuan pendidikan nasional

Diterbitkan

2022-04-24

Versi

Cara Mengutip

Yunus, M. A., Luneto, B., & Anwar, H. (2022). Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Kurikulum (Studi Manajemen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar) . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/2601

Terbitan

Bagian

Articles