Implikasi Peran Orang Tua dan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar

(Studi Kasus di SMA Negeri 1 Bongomeme)

Penulis

  • Burhanudin Abdul Karim Mantau IAIN Sultan Amai Gorontalo

Kata Kunci:

Orang Tua, Guru, Hasil Belajar

Abstrak

Artikel ini mengungkap peran orang tua dan guru dalam meningkatkan hasil belajar di SMA Negeri 1 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Pendekatan yang digunakan adalah fenomenologis dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun sumber data adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, studi dokumen. Teknik analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian bahwa bentuk kemitraan antara orang tua dan guru di SMA Negeri 1 Bongomeme terdiri atas dua bentuk yaitu kemitraan guru PAI dan orang tua melalui komite sekolah dan kemitraan orang tua dan guru melalui bimbingan dan konseling. Dampak kemitraan antara orang tua dan guru terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bongomeme menunjukkan bahwa melalui kemitraan yang dilakukan oleh guru PAI dan orang tua di SMA Negeri 1 Bongomeme selama ini baik dalam bentuk surat-menyurat maupun mengisi buku penghubung dan menindaklanjutinya telah memberikan dampak positif bagi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI.

Diterbitkan

2021-08-02

Cara Mengutip

Mantau, B. A. K. (2021). Implikasi Peran Orang Tua dan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar : (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Bongomeme). Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 65–79. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/3448

Terbitan

Bagian

Articles