Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Team Quiziz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Rukun Iman Pada Fase A Kelas 1 di UPT SDN Kecil Deakaju

Penulis

  • Rena Rena UPT SDN Kecil Deakaju Kabupaten Enrekang

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Tim Quiziz, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui Media Pembelajaran Team Quiziz pada Materi Rukun Iman kelas I UPT SDN Kecil Deakaju. Metode penelitian yang digunakan adalah media pembelajaran berbasis Team Quiziz. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SDN Kecil Deakaju yang terdiri dari 12 peserta didik dengan komposisi 7 laki-laki dan 5 perempuan. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum merdeka dengan Capaian Pembelajaran (CP) mengetahui pengertian dan jumlah rukun iman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pengamatan partisipatif. Hasil penelitian diperoleh penerapan metode pembelajaran Team Quiziz dengan desain penelitian tindakan kelas mampu meningkatkat hasil belajar siswa pada pembelajaran Rukun iman pada kelas 1 SDN Kecil Deakaju kabupaten Enrekang Tahun Ajaran 2022/2023. Terbukti dengan perolehan persentase tingkat aktifitas belajar siswa sampai dengan siklus II yang mengalami peningkatan dan telah mencapai kriteria keberhasilan. Peningkatan keaktifan belajar tersebut berpengaruh pada hasil evaluasi sisawa kleas 1 SDN Kecil Deakaju pada pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip kerjasama. Terlihat dari hasil uji  F yang menunjukkan terdapat pengaruh positif antara keaktifan belajar siswa dengan hasil evaluasi siswa. Dari hasil evaluasi siswa juga menunjukkan tingkat ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan dan telah mencapai harapan

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Rena, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Team Quiziz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Rukun Iman Pada Fase A Kelas 1 di UPT SDN Kecil Deakaju. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 59–68. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/3999