Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Materi Asmaul Husna Melalui Metode Pembelajaran Index Card Match Kelas IV SDN 190 Ba’ka Kabupaten Enrekang

Penulis

  • Sumiani SD Negeri 190 Ba'ka Kabupaten Enrekang

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Metode Index Card Match

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam materi  Asmaul Husna kelas IV  SDN 190 Ba’ka Desa  Kabupaten Enrekang Tahun Pelajaran 2022/2023. dan kendala atau hambatan metode index card match dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode index card match. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 190 Ba’ka  berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes.  Hasil penelitian penggunaan metode index card match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi asmaul husna  siswa kelas IV  SDN 190 Ba’ka Enrekang. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata siswa pada siklus I dengan perolehan skor 70,7 secara klasikal. Persentase hasil belajar sebesar 30%, dan meningkat lagi pada siklus II dengan perolehan skor 89,5 secara klasikal persentase motivasi  belajar sebesar 90%.Hal ini berarti bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (75) telah melampaui kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan.

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Sumiani. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Materi Asmaul Husna Melalui Metode Pembelajaran Index Card Match Kelas IV SDN 190 Ba’ka Kabupaten Enrekang. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 111–121. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4005