Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi QS. Al-Ma`Idah : 48 Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Bulukumba

Penulis

  • Mihrah Mihrah SMA Muhammadiyah Bulukumba

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Problem Based, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi QS. Al-Ma'idah terutama menganalisis tentang berbagai permasalahan seputar Meraih Kesuksesan dengan Kompetisi dalam Kebaikan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Bulukumba pokok bahasan berkompetisi dalammkebaikan dan etos kerja. Hal ini dapat dilihat pada post test siklus I siswa yang memperoleh nilai <75 sebanyak 8 siswa (28,57%) dan siswa yang memperoleh nilai >75 sebanyak 20 siswa (71,42%) dengan rata-rata kelas 80,36%. Sedangkan nilai post test pada siklus II siswa yang memperoleh nilai <75 sebanyak 0 siswa (0%) dan siswa yang memperoleh nilai  >75 sebanyak 28 siswa (93,21%), dengan rata-rata kelas 100%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase ketuntasan 93,21%. Hal ini berdasarkan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah terpenuhi yaitu 75. Hasil temuan penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Mihrah, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi QS. Al-Ma`Idah : 48 Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Bulukumba. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 122–129. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4006