Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Menigkatkan Kemampuan Berwudhu Pada Kelompok B TK Pusat PAUD Bunga Mawar Kabupaten Gowa

Penulis

  • Hanawati Hasnawati TK Pusat PAUD Bunga Mawar Kabupaten Gowa

Kata Kunci:

Metode demonstrasi, berwudhu

Abstrak

Metode demonstrasi adalah cara belajar dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan sesuatu di hadapan murid, yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Demontrasi yang dimaksud ialah suatu metode mengajar yang memperlihatkan bagaimana proses terjadinya sesuatu. Metode demonstrasi dapat dilaksanakan dengan berbagai cara diantaranya dengan cara menampilkan gambar orang berwudhu kemudian guru mempresentasikan bagaimana tata cara berwudhu yang benar. Guru menunjuk peserta didik yang ingin maju untuk mempraktekkan tata cara berwudhu yang benar sepaham dan semampu mereka. Sampai akhirnya mereka mengetahui cara berwudhu yang benar sesuai ajaran Islam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang didasarkan pada permasalahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas B TK Pusat Paud Bunga Mawar yang berjumlah 15 orang anak dengan rincian 10 orang laki-laki dan 5 orang perempuan dengan rata-rata usia 5 tahun. Hasil observasi dan analisis terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengembangan wudhu kelompok B dengan metode demonstrasi sudah berhasil dan ada peningkatan. Peserta didik mampu dalam mempraktekkan gerakan wudhu sehingga guru lebih berperan sebagai pengawas dalam pembelajaran materi wudhu.

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Hasnawati, H. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Menigkatkan Kemampuan Berwudhu Pada Kelompok B TK Pusat PAUD Bunga Mawar Kabupaten Gowa. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 130–137. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4007