Meningkatkan Kemampuan Membaca QS. An-Nas Melalui Metode Reading Aloud Pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri 13 Namlea Kabupaten Buru

Penulis

  • Sehat Siompo SD Negeri 13 Namlea Kabupaten Buru

Kata Kunci:

Membaca Al-Quran, Metode Reading Aloud

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Surah An-nas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode penelitian reading Aloud termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah SDN Namlea 13 Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode reading aloud meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi surah An-Nas dengan berbagi. Sebelum diterapkannya metode reading aloud  hasil belajar siswa dengan gaya klasik tidak ada masalah tetapi terdapat 2 siswa yang tidak mampu membaca dan  menghafalkan surah An-nas sehingga peneliti bertujuan  menerapkan metode tersebut pada siklus I sebanyak 20 siswa (72%) dari jumlah murid 22 siswa di kelas yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80,70. dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 22 siswa (75%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.73. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Siompo, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca QS. An-Nas Melalui Metode Reading Aloud Pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri 13 Namlea Kabupaten Buru. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 150–158. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4009