Meningkatkan Pemahaman Isi Kandungan QS. Al-Hujurat Ayat 13 Melalui Penerapan Model Assure Berbasis Multimedia Fase B SD Inpres Mangasa Kabupaten Gowa

Penulis

  • Sitti Aminah SD Inpres Mangasa Kabupaten Gowa

Kata Kunci:

Pemahaman, Pemahaman, QS. Al-Hujurat, Model ASSURE berbasis multimedia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik  pada materi isi kandungan Qs. Al-Hujurat ayat 13 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model ASSURE berbasis multimedia. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SD Inpres Mangasa Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model ASSURE berbasis multimedia berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi isi kandungan Qs. Al-Hujurat ayat 13. Sebelum diterapkannya model ASSURE berbasis multimedia, pemahaman peserta didik secara klasikal hanya 2 peserta didik (8%) yang memenuhi kategori sangat baik dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 51.20. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 3 peserta didik (12%) yang memenugi kategori sangat baik dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 55,8 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 22 peserta didik (88%) memenuhi kategori sangat baik dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 86,8. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Aminah, S. (2022). Meningkatkan Pemahaman Isi Kandungan QS. Al-Hujurat Ayat 13 Melalui Penerapan Model Assure Berbasis Multimedia Fase B SD Inpres Mangasa Kabupaten Gowa. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 159–170. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4011