Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas V SDN 50 Dumbo Raya

Penulis

  • Fatmah Lapamusu SD Negeri 50 Dumbo Raya Kota Gorontalo

Kata Kunci:

Hasil belajar, Discovery learning

Abstrak

Hasil belajar merupakan tolak ukur dalam proses pembelajaran, melakukan PenelitianTindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajarPeserta didik. PTK yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam  Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas V  Fase C Sdn 50 Dumbo Raya Tahun Ajaran 2022/2023 “dengan rumusan masalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan  hasil belajar peserta didik pada  Materi hikmah Hidup Lapang Berbagi   kelas V Semester I SDN 50 Dumbo Raya ?. Data yang diperlukan penulis peroleh melalui penelitian dengan cara melakukan tindakan kelas dan wawancara dengan guru observer. Setelah dianalisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: A. Hakikat pembelajaran  pada materi  Hikmah Hidup Lapang Berbagi Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas V B. Hakikat hasil belajar pada Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi yaitu dengan mempersiapkan media yang diperlukan dalam pembelajaran tersebut, C.Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam proses Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi   Hasil pembahasan pada pelaksanaan perbaikan pelajaran siklus I dan siklus II Setelah diadakan perbaikan persiklus pada siklus I dan siklus II ternyata hasil belajar mengalami kenaikan, hasil dari evaluasi pada pra siklus sebesar 25% naik menjadi 70% pada siklus I. Kenaikan hasil ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 45%. Karena hasil pembelajaran belum mencapai target KKTP yang ditentukan, maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran siklus II.Pada perbaikan siklus II diperoleh hasil kenaikan yang signifikan pada siklus I dari ketuntasan belajar sebesar 70% naik menjadi 100% ketuntasan belajar. Sehingga ketuntasan belajar peserta didik kelas V Fase C Sdn No.50 Dumbo Raya  dianggap telah mencapai KKTP  maka tidak diperlukan lagi perbaikan pembelajaran suklus III. Strategi belajar peserta didik yang dilaksanakan dengan model pembelajaran discovery learning tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Lapamusu, F. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hikmah Hidup Lapang Berbagi Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas V SDN 50 Dumbo Raya. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 171–183. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4012