Menerapkan Metode Market Place Aktivity Dalam Meningkatkan Pemahaman Asmaul Husna Peserta Didik Fase B SD Inpres Jenebatu

Penulis

  • Nurfitriana SD Inpres Jenebatu

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Metode Market Place Activity

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Asmaul Husna mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Market Place Activity. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDI Jenebatu Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 13 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Market Place Activity berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Asmaul Husna. Sebelum diterapkannya metode Market Place Activity hasil belajar siswa secara klasikal hanya 2 siswa (13,33%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 49,23. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 2 siswa (13,33%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 56.92 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 13 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 97.22. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Diterbitkan

2021-08-02

Cara Mengutip

Nurfitriana. (2021). Menerapkan Metode Market Place Aktivity Dalam Meningkatkan Pemahaman Asmaul Husna Peserta Didik Fase B SD Inpres Jenebatu. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 120–134. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4073

Terbitan

Bagian

Articles