METACOGNITIVE AWARENESS PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH SE-KOTA GORONTALO PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING

Penulis

  • Siti Asiah Tjabolo a:1:{s:5:"en_US";s:26:"IAIN Sultan Amai Gorontalo";}
  • Putriani L. Maliki IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ikal Lasido IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v18i2.3068

Kata Kunci:

Keywords: Metacognitive Awareness, Online Learning

Abstrak

Tujuan Penelitian ini yakni untuk mengetahui profil Metacognitive Awareness Peserta Didik Madrasah se-Kota Gorontalo pada Penerapan Pembelajaran Daring. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif kuantitatif, dengan metode survey, yakni teknik pengumpulan data utama dengan cara memberikan pertanyaan/pernyataan yang akan diisi/dijawab oleh responden penelitian. Jadi metode survei merupakan metode untuk menndapatkan data/informasi dari individu/kelompok yang mewakili sebuah populasi secara representatif. Hasil Penelitian yakni Profil Metacognitive Awareness terdiri atas dua indicator utama yakni pengetahuan kognisi yang terdiri atas pengetahuan deklaratif, pengetahuan procedural, dan pengetahuan kondisional, indikator pengalaman/regulasi kognisi terdiri atas perencanaan, monitoring, strategi manajemen infornmasi, strategi prediksi dan Evaluasi. Untuk itu digunakan indicator tersebut untuk memperoleh 52 item kuesioner dari MAI. Penelitian dilaksanakan pada 9 madrasah se kota Gorontalo. Data yang ditemukan bahwa peserta didik madrasah se-kota Gorontalo secara umum memiliki Metacognitive Awareness pembelajaran daring pada kategori baik dan sangat baik.

 

Diterbitkan

2022-12-16

Cara Mengutip

Tjabolo, S. A., Putriani L. Maliki, & Lasido, I. (2022). METACOGNITIVE AWARENESS PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH SE-KOTA GORONTALO PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING. Irfani, 18(2), 149–164. https://doi.org/10.30603/ir.v18i2.3068

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama