METACOGNITIVE AWARENESS PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH SE-KOTA GORONTALO PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING

Isi Artikel Utama

Siti Asiah Tjabolo
Putriani L. Maliki
Ikal Lasido

Abstrak

Tujuan Penelitian ini yakni untuk mengetahui profil Metacognitive Awareness Peserta Didik Madrasah se-Kota Gorontalo pada Penerapan Pembelajaran Daring. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif kuantitatif, dengan metode survey, yakni teknik pengumpulan data utama dengan cara memberikan pertanyaan/pernyataan yang akan diisi/dijawab oleh responden penelitian. Jadi metode survei merupakan metode untuk menndapatkan data/informasi dari individu/kelompok yang mewakili sebuah populasi secara representatif. Hasil Penelitian yakni Profil Metacognitive Awareness terdiri atas dua indicator utama yakni pengetahuan kognisi yang terdiri atas pengetahuan deklaratif, pengetahuan procedural, dan pengetahuan kondisional, indikator pengalaman/regulasi kognisi terdiri atas perencanaan, monitoring, strategi manajemen infornmasi, strategi prediksi dan Evaluasi. Untuk itu digunakan indicator tersebut untuk memperoleh 52 item kuesioner dari MAI. Penelitian dilaksanakan pada 9 madrasah se kota Gorontalo. Data yang ditemukan bahwa peserta didik madrasah se-kota Gorontalo secara umum memiliki Metacognitive Awareness pembelajaran daring pada kategori baik dan sangat baik.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tjabolo, S. A., Putriani L. Maliki, & Lasido, I. (2022). METACOGNITIVE AWARENESS PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH SE-KOTA GORONTALO PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING. Irfani (e-Journal), 18(2), 149–164. https://doi.org/10.30603/ir.v18i2.3068
Bagian
Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama