Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Limboto

Authors

  • Risman Suleman IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Buhari Luneto IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstract

Abstrak

Profil pelajar Pancasila dirancang untuk menunjukkan karakter bangsa dan kompetensi global yang harus dicapai oleh pelajar Pancasila sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan bertujuan untuk mempersiapkan generasi yang hebat dan mampu mengikuti perkembangan zaman. Profil pelajar Pancasila tidak lepas dari tujuan utama pendidikan agama Islam, yaitu pembentukan akhlak dan budi pekerti, yang mampu membangkitkan insan berakhlak yang tidak hanya  memenuhi benak murid dengan ilmu, tetapi juga mendidik akhlak dan etika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan kata lain penelitian kualitatif adalah riset deskriptif yang cenderung menggunakan analisis dalam menemukan data. Profil Pelajar Pancasila menciptakan pelajar Indonesia menjadi pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dengan 6 ciri utama : (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, (2) berkebinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, (6) kreatif.

Kata Kunci : Profil Pelajar, Pancasila, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

The Pancasila student profile is designed to show the national character and global competencies that must be achieved by Pancasila students in accordance with the noble values of Pancasila and aims to prepare a great generation able to keep up with the times. The profile of Pancasila students cannot be separated from the main purpose of Islamic religious education, namely the formation of morals and ethics, which is able to awaken moral people who not only fill the minds of students with knowledge but also educate morals and ethics. The method used in this study is qualitative, in other words, qualitative research is descriptive research that tends to use analysis in finding data. The Pancasila Student Profile creates Indonesian students into lifelong learners who have global competence and behave in accordance with Pancasila values with 6 main characteristics: (1) faith, fear of God Almighty, and noble character, (2) global diversity, (3) mutual cooperation, (4) independence, (5) critical reasoning, (6) creative.

Key Words: Student Profile, Pancasila, Islamic Education.

Published

2023-02-28

How to Cite

Suleman, R., & Luneto, B. . (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Limboto. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 5(1), 13–22. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/3365