Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Limboto

Penulis

  • Risman Suleman IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Buhari Luneto IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstrak

Profil pelajar Pancasila dirancang untuk menunjukkan karakter bangsa dan kompetensi global yang harus dicapai oleh pelajar Pancasila sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan bertujuan untuk mempersiapkan generasi yang hebat dan mampu mengikuti perkembangan zaman. Profil pelajar Pancasila tidak lepas dari tujuan utama pendidikan agama Islam, yaitu pembentukan akhlak dan budi pekerti, yang mampu membangkitkan insan berakhlak yang tidak hanya memenuhi benak murid dengan ilmu, tetapi juga mendidik akhlak dan etika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan kata lain penelitian kualitatif adalah riset deskriptif yang cenderung menggunakan analisis dalam menemukan data. Profil Pelajar Pancasila menciptakan pelajar Indonesia menjadi pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dengan 6 ciri utama : (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, (2) berkebinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, (6) kreatif.
Kata Kunci : Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Suleman, R., & Luneto, B. . (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Limboto. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 5(1), 13–22. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/3365