Meningkatkan Mutu Pembelajaran Melalui Metode Problem Based Learning Pada Materi Iman Kepada Hari Akhir Di Kelas V MIS Irsyadush Shibyan 02 Sukorejo Wetan Kecamatan Rejotangan Tulungagung

Authors

  • faridhotul MIS Irsyadush Shibyan 02

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik kelas V di MIS Irsyadush Shibyan 02 Sukorejo Wetan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung yang dilatarbelakangi observasi awal yang menunjukan rendahnya mutu pembelajaran di Madrasah tersebut. Dapat dilihat berdasarkan observasi awal mulai dari keterampilan guru, aktifitas peserta didik, dan nilai hasil belajar dalam proses pembelajaran masih sangat rendah. Rata-rata nilai tersebut masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan madrasah yaitu 70. Oleh karena itu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah guru dan 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada pra siklus memperoleh skor 15 (baik), siklus I memperoleh skor 17 (baik), siklus II memperoleh skor 19 (sangat baik). Aktivitas siswa pada pra siklus memperoleh rata-rata skor 10,33 (cukup), siklus I memperoleh rata-rata skor 12,22 (baik), siklus II memperoleh rata-rata skor 19,39 (sangat baik). Ketuntasan klasikal pada prasiklus 27,78%, siklus I 50%, siklus II 88,89%. Simpulan penelitian ini adalah metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan mutu pembelajaran akidah akhlak materi iman kepada hari kiamat yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Saran: guru hendaknya dapat menjadikan metode Problem Based Learning (PBL) sebagai salah satu alternatif proses pembelajaran; peserta didik hendaknya dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dalam situasi nyata; dan madrasah hendaknya memfasilitasi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

Published

2021-08-29

How to Cite

Faridhotul. (2021). Meningkatkan Mutu Pembelajaran Melalui Metode Problem Based Learning Pada Materi Iman Kepada Hari Akhir Di Kelas V MIS Irsyadush Shibyan 02 Sukorejo Wetan Kecamatan Rejotangan Tulungagung. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 3(2), 135–149. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4063