Strategi Pembelajaran PAI dalam Membentuk Pola Pikir Digital, Computational Thinking, Berbasis Teknologi Informasi pada Pembelajaran PAI

Penulis

  • Nadya Putri Kharisma IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Burhanudin Abdul Karim Mantau IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Yanty K. Manoppo IAIN Sultan Amai Gorontalo

Kata Kunci:

Guru PAI, Pendidikan, Strategi, Berpikir Komputasional

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Teknologi Informasi (TI) menjadi sarana efektif dalam membentuk pola pikir digital dan computational thinking pada siswa. Integrasi TI dalam pembelajaran PAI menciptakan pengalaman belajar yang menarik, meningkatkan pemahaman konsep agama Islam, dan mengembangkan keterampilan kritis, analitis, dan kreatif dalam konteks era digital. Penerapan strategi pembelajaran seperti integrasi teknologi, pembelajaran kolaboratif, pemecahan masalah, literasi digital, dan penilaian formatif memungkinkan siswa mengasah kemampuan berpikir yang penting dalam dunia digital. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau library research dengan fokus pada jurnal dan buku tentang strategi guru dan pemikiran computatinal thingking. Hasil Penelitian menunjukan Guru PAI memiliki peran kunci dengan terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya dalam mengintegrasikan TI dalam pembelajaran. Dukungan dari sekolah dan pemerintah, melalui pelatihan, sumber daya, dan pedoman, menjadi esensial untuk memastikan efektivitas pembelajaran PAI berbasis TI. Dengan demikian, pembelajaran PAI berbasis TI menjadi alat yang kuat untuk membentuk siswa sebagai individu yang kompeten dalam berpikir digital dan siap menghadapi tuntutan dunia digital yang terus berkembang.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Kharisma, N. P., Abdul Karim Mantau, B., & K. Manoppo, Y. . (2024). Strategi Pembelajaran PAI dalam Membentuk Pola Pikir Digital, Computational Thinking, Berbasis Teknologi Informasi pada Pembelajaran PAI. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 6(1), 13–25. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4451