MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH
DOI:
https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6572Kata Kunci:
Keaktifan Siswa, Pelajaran Fiqih, Snowball ThrowingAbstrak
Keaktifan siswa menjadi salah satu aspek penting dalam mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Namun, berdasarkan hasil observasi lapangan menunjukkan jika motivasi belajar siswa pada pelajaran fiqih termasuk rendah. Perlu adanya perubahan pada model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari metode Snowball Throwing dalam meningkatkan keaktifan siswa utamanya pada pembelajaran fiqih. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain posttest-only control group. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 46 siswa yang dibagi pada 2 kelas, 25 siswa di kelas eksperimen dan 21 siswa di kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket dan lembar observasi untuk mengukur keaktifan siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menganalisis keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan jika tingkat keaktifan siswa di MA Matholiul Huda yang belajar menggunakan model Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.