Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Peserta Didik

  • Regita Damopolii
  • Alfian Erwinsyah IAIN Sultan Amai Gorontalo
Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Prestasi Peserta Didik

Abstract

Gaya kepemimpinan merupakan norma perilaku yang di gunakan oleh seseorang pada saat orang tersebut mencoba mempengaruhi perilaku orang lain. Gaya kepemimpinan adalah suatu pola perilaku yang konsisten yang di tunjukkan oleh pemimpin dan di ketahui pihak lain. Ketika pemimpin berusaha mempengaruhi kegiatan-kegiatan orang lain. Gaya kepemimpinan juga merupakan pola tingkah laku seorang pemimpin dalam proses mengarahkan dan mempengaruhi guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan transformasional  kepala sekolah terhadap prestasi peserta didik di SMA N 1 Pinolosian. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Pinolosian.

Hasil Penelitian membuktikan bahwa variabel X (gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (prestasi peserta didik) di SMA N 1 Pinolosian, dengan perbandingan Thitung> Ttabel =  6.391 > 0.297 dan melalui analisis regresi sederhana pada tabel R Square, diketahui Pengaruh variabel X (gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah) terhadap variabel Y (prestasi peserta didik) di SMA N 1 Pinolosian sebesar 49.3% yang berarti terdapat 50.7% prestasi peserta didik dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Published
2019-08-01
How to Cite
Damopolii, R., & Erwinsyah, A. (2019). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Peserta Didik. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 86-105. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i2.1111
Section
Articles