STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Authors

  • Rinaldi Datunsolang IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ritmon Amala IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Firman Sidik IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v10i1.2543

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa strategi yang digunakan kepala sekolah menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural, sehingga nilai positif yang ada proses pendidikan multikultural tidak hanya dirasakan dan dipahami secara teoritis saja namun lebih dari itu bisa teraktualisasikan dan bisa dirasakan manfaatnya secara nyata realitas sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka di mana data yang didapatkan dalam penelitian ini berasal dari berbagai literatur terkait, kemudian dianalisis dan diklasifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti yang kemudian diolah menggunakan pendekatan secara teoritis dan filosofis. Hasil penelitian menemukan bahwa ada dua strategi yang digunakan kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural, yaitu: pertama menanamkan nilai-nilai multikultural dalam setiap proses pembelajaran. Kedua, menanamkan nilai-nilai multikultural disetiap kegiatan ekstra sekolah.

Downloads

Published

2022-03-22

How to Cite

Datunsolang, R., Amala, R., & Sidik, F. (2022). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 75–83. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v10i1.2543