METODE PENDIDIKAN IDEAL BERBASIS AL-QUR’AN

Authors

  • Akmal Rizki Gunawan Universitas Islam 45

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3875

Keywords:

Metode, Pendidikan, Ideal

Abstract

Penelitian ini disusun untuk melihat peran Islam dalam menawarkan metode pendidikan yang tepat dan ideal, di tengah berulang kalinya pergantian kurikulum di Indonesia. Lantas, “Bagaimanakah metode pendidikan ideal berbasis Al-Quran? Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode tafsir maudhu’i Al-Farmawi yang berfungsi untuk menggali nilai-nilai yang ada dalam Al-Qur’an lewat perumusan topik atau tema yang telah dikelompokkan. Tulisan ini menemukan, di samping banyaknya pandangan sarjana muslin mengenai khazanah metode pembelajaran, terdapat juga relevansi Al-Quran yang berkaitan dengan hal tersebut. Seperti halnya ditemukan pada Q.S. Al-Ma'idah: 67 yang mengisyaratkan bahwa salah satu metode pembelajaran yaitu penyampaian atas inisiatif yang bersifat dedikatif dan secara sepihak dari pendidik. Sedangkan dalam Q.S. An-Nahl: 125-128, terdapat empat metode; Pertama, metode bil-hikmah (rasio) dan al-mau'izhah al-hasanah (rasa). Kedua, diskusi, debat, argumentasi yang dilakukan antara dua pihak (two way traffic) dengan data dan fakta. Ketiga, hukuman yang dilakukan sangat selektif, hanya diperbolehkan bila memaksa sekali. Keempat, seorang guru perlu tabah, tidak cepat putus asa. Menahan diri itu dilakukan dengan meminta pertolongan Allah. Adapun pada Q.S. Ibrahim: 24-27, menekankan metode pendidikan berbasis pemberian contoh baik lewat kata-kata maupun perilaku. Dan terakhir Q.S. Al-A’raf; 75, menekankan bahwa membacakan juga merupakan bagian dari metode pendidikan.

 

Downloads

Published

2023-08-02

How to Cite

Gunawan , A. R. (2023). METODE PENDIDIKAN IDEAL BERBASIS AL-QUR’AN. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 134–151. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3875