PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS HOTS MODUL PEDAGOGIK PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN LPTK IAIN GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i1.5179Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal berbasis HOTS. Soal yang dikembangkan berupa soal-soal formatif dari kegiatan belajar pada modul pedagogik pendalaman materi yang disusun oleh dosen/instruktur/pengajar PPG Dalam Jabatan Kementerian Agama RI di LPTK IAIN Gorontalo. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan Research and Development dengan model pengembangan tipe formative research yaitu: 1) tahap analyse, 2) tahap design, 3) tahap develop, 4) tahap formatively evaluate, dan 5) tahap summatevely evaluate. Teknik analisis data secara kuantitatif untuk menganalisis kecocokan model atau model fit dan penilaian terhadap karakteristik butir soal yang dikembangkan butir menggunakan Program BILOG. Untuk validitas isi ditelaah pakar dengan menggunakan formula Gregory. Hasil temuan diperoleh bahwa item soal tes berbasis HOTS untuk modul pedagogik dikembangkan dari dimensi proses menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6) memiliki kriteria valid, memiliki indeks tingkat kesukaran sedang dan indeks daya beda yang baik. Sehingga telah memenuhi semua kriteria pengembangan instrumen soal yang baik. Artinya soal ini dapat digunakan untuk mengukur pemahaman mahasiswa PPG pada pendalaman materi modul pedagogik.